Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menghadiri peringatan Hari Jadi Kabupaten Toraja Utara ke-15.

THENEWSULSEL.COM, TORAJA UTARA-- Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menghadiri peringatan Hari Jadi Kabupaten Toraja Utara ke-15 pada Jumat (21/7/2023).

Gubernur Andi Sudirman menyampaikan bahwa sejak tahun 2019 hingga 2023, Pemprov Sulsel telah mengalokasikan anggaran dalam bentuk bantuan keuangan sebesar Rp450 miliar untuk pembangunan di Toraja Utara.

"Alhamdulillah, Rp 450 Miliar lebih telah kita alokasikan untuk pembangunan di Kabupaten Toraja Utara.
Kita sedang melakukan progress pembangunan Jembatan Melango sebagai jembatan strategis yang memberi kemacetan akses ke Toraja Utara juga melakukan upaya pembangunan di wilayah lain," ujar Andi Sudirman, di akun Facebook, Sabtu (22/7/2023).

Pada hari Jadi kali ini, Pemprov Sulsel juga menyerahkan bantuan keuangan sebesar Rp8 miliar untuk Tahun Anggaran 2023.

Pada kegiatan ini, juga sekaligus dilakukan launching Kopi Toraja Andalan.

Sedangkan Bantuan keuangan yang diberikan kali ini dialokasikan untuk peningkatan jalan ruas Barana - Pangli; pembangunan RTH Taman Andalan; pembangunan jembatan gantung Sa’dan Malimbong; intervensi desa sangat tertinggal; peningkatan kualitas UMKM; penanganan stunting dan gizi buruk; dan program Desa wisata.

"Kita terus berkomitmen untuk pembangunan bertahap dan berkeadilan. Sejumlah ruas jalan Provinsi di Torut yang telah ditangani, mulai dari ruas Tedong Bonga- Batas Luwu, Ruas Bua- Rantepao, ruas Rantepao - Alang-Alang - Batas Tana Toraja; ruas Rantepao - Pangalla - Baruppu - Batas Sulbar; dan ruas Rantepao - Sa’dan - Batusitanduk," jelas Andi Sudirman.

Sejumlah bantuan lainnya juga disalurkan di Kabupaten Toraja Utara, diantaranya bantuan Mandiri Benih, hibah untuk rumah ibadah. 

Andi Sudirman mengemukakan, 15 tahun kabupaten Toraja Utara, diharapkan sinergitas bersama Pemprov Sulsel dan Pemkab Torut di bawah kepemimpinan Bupati Yohanis Bassang dan Wakil Bupati Frederik Victor Palimbong membangun Semangat Kebersamaan dalam Melaksanakan Pembangunan Menuju Toraja Utara yang Mandiri, Berbudaya, dan Berdaya Saing.


Tags: Sulsel Pemprov Sulsel

Baca juga