Jamaah umrah perdana Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta sebelum berangkat ke Kota Madinah, Arab Saudi, Sabtu (18/1/2022) siang WIB. (foro: ANTARA)

THENEWSULSEL.COM, MADINAH - Jamaah umrah perdana Indonesia di masa pandemi Covid-19 tahun 2022, tiba di Kota Madinah, Arab Saudi, Sabtu (8/1/2022) malam, pukul 19.30 waktu setempat.

Kloter pertama ini berjumlah 414 jamaah. Kedatangan mereka disambut langsung Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad dan Konsul Jenderal RI untuk Jeddah, Eko Hartono.

Jamaah umrah bisa kembali menunaikan ibadah di Kota Madinah dan Mekkah, setelah sekitar dua tahun terhenti karena kebijakan Kerajaan Arab Saudi di tengah pandemi Covid-19.

Para jamaah mendapat setangkai bunga dari Dubes Abdul Aziz. Rombongan perdana jamaah Indonesia ini berasal dari Batam, Jakarta, Karawang, Smarinda, dan Balikpapan.

Kepada para jamaah, Dubes RI Abdul Aziz mengingatkan mereka untuk menjaga kesehatan, menaati aturan protokol kesehatan Covid-19 dari pemerintah setempat. 

Sebelum menjalankan rangkaian ibadah umrah, jamaah akan menjalani karantina selama 5 hari di lokasi akomodasi yang telah disediakan.

Jamaah akan menjalani beberapa kali tes PCR, sebelum diizinkan untuk menjalani rangkaian ibadah umrah di Madinah dan Mekkah. 

Sebanyak 414 jamaah umrah ini berangkat dari Jakarta pada Sabtu (8/1/2022). Mereka dilepas secara resmi oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Hilman Latief.

Baca: Pemerintah Tetapkan Biaya Referensi Umrah Rp 28 Juta, Berangkat Perdana 4 Kloter, Berapa Lama Karantina?

Seremoni pelepasan jamaah ini ikut dihadiri Wakil Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Sulaiman, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi dan Haji Terpadu Jaja Jaelani, serta Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Nur Arifin.


Tags: Jamaah Umrah Kota Madinah Kota Mekkah Madinah Mekkah Persyaratan Umrah Umrah Umrah Indonesia

Baca juga