Emma Watson

THENEWSULSEL.COM, INGGRIS - Aktris top Inggris Emma Watson menyuarakan dukungan untuk gerakan pro-Palestina di media sosial (medsos). 

Unggahan dukungan Emma Watson menimbulkan pro dan kontra. Netizen atau warganet memberikan pujian untuk kepedulian sang aktris.

Sebaliknya, unggahan Emma Watson membuat  pejabat Israel geram. 

Aktris yang populer karena perannya sebagai Hermione Granger di film Harry Potter, mengirim ulang unggahan Bad Activist Collective di Instagram pada Minggu, 2 Januari 2022, menggambarkan aktivis pro Palestina.

Dalam unggahannya, Emma Watson menuliskan  kutipan dari ilmuwan Inggris-Australia Sara Ahmed yang mengatakan, “Solidaritas tidak menganggap bahwa perjuangan kita adalah perjuangan yang sama, atau bahwa rasa sakit kita adalah rasa sakit yang sama, atau bahwa harapan kita adalah untuk masa depan yang sama.”

"Solidaritas melibatkan komitmen, dan kerja, serta pengakuan bahkan jika kita tidak memiliki perasaan yang sama, atau kehidupan yang sama, atau tubuh yang sama, kita hidup di landasan yang sama," kata kutipan itu.

Unggahan itu langsung mendapat banyak pujian dari pengguna Instagram yang bersimpati pada perjuangan rakyat Palestina. 

Beberapa netizen menyampaikan terima kasih di kolom komentar akun Instagram sang aktris. 

Ada pula yang memasang emoji bendera Palestina, dengan tagar #FreePalestine dan #PalestineWillBeFree.

Bukan kebetulan jika Emma Watson mengunggah postingan ini. Sebab, selain aktris, dia juga menjadi Duta Besar Perempuan Kehormatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Unggahan itu memantik reaksi keras dari Wakil Tetap Israel untuk PBB Gilad Erdan.

"Fiksi mungkin berhasil di Harry Potter, tetapi tidak berhasil dalam kenyataan," tulis Erdan di akun Twitter. (*)



Baca juga