Penyerang timnas Indonesia Irfan Jaya (kiri) merayakan gol ke gawang Malaysia di Piala AFF, Minggu (19/12/2021) malam WIB.

THENEWSULSEL.COM, SINGAPURA - Timnas Indonesia menggasak Malaysia 4-1 pada laga terakhir Grup B Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB. 

Kemenangan besar ini memastikan tim Merah Putih maju ke semifinal sebagai wakil Grup B, bersama Vietnam yang mengalahkan Kamboja di laga terakhir. 

Gawang Timnas Indonesia sebenarnya kebobolan lebih dulu di menit ke-13, setelah sepakan Kogileswaran Raj dari luar kotak penalti, gagal ditepis kiper Nadeo Argawinata.

Namun, setelah kebobolan, Indonesia yang dipimpin kapten tim Asnawi Mangkualam mampu bangkit dan mendominasi permainan.

Irfan Jaya menjadi salah satu bintang kebangkitan dan kemenangan tim Merah Putih. Pemain asal Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) ini menyumbang dua gol.

Gol Irfan Jaya di menit ke-36 setelah kerja sama apik dengan Witan Sulaiman di kotak penalti lawan, mengubah skor menjadi 1-1.

Di menit ke-43, Irfan yang berposisi winger, mencetak gol kedua sekaligus membawa timnas Indonesia berbalik unggul 2-1 hingga jeda.

Irfan Jaya yang saat ini membela klub PSS Sleman di Liga 1, mencetak gol kedua atau brace, memanfaatkan bola liar hasil sepakan Pratama Arhan yang membentur pemain lawan. 

Bola liar itu berusaha ditangkap kiper Malaysia Khairul Fahmi, namun Irfan lebh cepat menyambar bola ke dalam gawang lawan.


Tags: AFF Cup Asnawi Mangkualam Bahar Evan Dimas hasil pertandingan Malaysia Piala AFF Shin Tae-yong Singapura tim Merah Putih timnas Indonesia

Baca juga