Ilustrasi

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA - Tahun 2020 lalu, Google memprakarsai program Small Business Resilience Fund untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19. 

Ketika itu, total bantuannya mencapai 10 juta dolar AS atau sekira Rp 147 miliar. Penyalurannya dibantu oleh Kiva, organisasi non-profit internasional yang biasa memberikan peminjaman modal usaha berupa uang lewat internet.

Tahun 2021 ini, Google melalui Kiva akan menyalurkan dana 3,5 juta dolar AS atau sekira Rp 50 miliar melalui program Google for Indonesia 2021.

Kiva akan menyalurkan dana itu kepada koperasi simpan pinjam lokal, Koperasi Mitra Dhuafa (Komida). 

Selanjutnya, Komida akan menyalurkan lagi dana Rp 50 miliar itu kepada perempuan pelaku UMKM di berbagai pelosok daerah di Indonesia, dalam bentuk pinjaman modal (usaha) dengan bunga rendah. 

"Mulai hari ini, pengusaha perempuan berpenghasilan rendah dapat mengajukan permohonan pinjaman melalui Komida," jelas Marketing Director Google dan YouTube Indonesia, Filipina, dan Asia Tenggara, Veronica Utami dalam acara virtual yang digelar Kamis (2/12/2012). 

Pada kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati menyampaikan apresiasinya kepada Google yang membantu pelaku UMKM. 

Baca: Beasiswa dari Google untuk Mahasiswa, Bisa Dapat Rp 14 Juta, Ini Cara Daftar

“Kolaborasi Google dan KIVA, termasuk dengan Komida, telah menyalurkan bantuan pembiayaan dengan bunga rendah dengan nilai 10 juta dolar AS atau Rp 147 miliar," kata Sri Mulyani. 

Menurut Sri Mulyani, bantuan itu sangat berarti bagi pelaku UMKM di Indonesia. 


Tags: Google Google Indonesia

Baca juga