Logo Kawazaki

TOKYO,THENEWSULSEL.COM - Kawasaki mengumumkan semua sepeda motor yang dijual di pasar negara maju akan bertenaga listrik (baterai) pada 2035. Ide dan gagasan tersebut sama seperti produsen mobil akhir-akhir ini

Dilansir dari Carscoops, Jumat (8/10/2021), perusahaan Jepang itu menanggapi serius dan mengkonfirmasi langkah tersebut dalam briefing kebijakan bisnis baru-baru ini. Langkah tersebut dibuat untuk menguraikan dorongannya menuju netralitas karbon.

Ini juga menegaskan pabrikan akan berinvestasi dalam powertrains hidrogen. Nantinya Kawasaki akan memperkenalkan 16 model sepeda motor baru per tahun pada 2025, dengan berbahan bakar model listrik dan hidrogen.

Saat ini, penjualan mobil listrik terus tumbuh di pasar negara maju. Tetapi sepeda motor listrik ketertinggalan inovasi dan teknologi.

Ada beberapa sepeda motor dan skuter listrik di pasaran tetapi sebagian besar berfokus pada komuter, bukan para antusias dan penggemar sepeda motor yang biasanya membeli untuk digunakan sendiri.

Namun dalam peralihan teknologi dari moge berbahan bakar bensin menuju era daya listrik, terdapat sejumlah tantangan yang perlu diatasi untuk dapat membawa sepeda motor listrik ke pasar massal. Masalah utamanya terletak pada keseimbangan bobot motor listrik dan baterai.

Tidak hanya itu, tantangan dan masalah ada dalam bentuk ciri khas yang mereplikasi nuansa mengendarai sepeda motor terutama pada jenis moge.

Presiden Kawasaki Hashimoto Yasuhiko mengatakan salah satu tantangan untuk sepeda motor listrik mengatasi pentingnya suara dan getaran mesin tradisional yang disukai para penggemar. "Kawasaki sedang mengerjakannya saat ini," ujarnya.

Andaikan moge identik dengan suara khas yang sangar dan brutal berubah menjadi listrik, maka ciri khas motor sport terasa hilang.(*)


Baca juga