Ilustrasi: Jahe Merah

THENEWSULSEL COM - Jahe merah ternyata memiliki manfaat yang melimpah bagi pria.

Rempah-rempah dengan nama latin Zingiber officinale varietas rubrum ini mengandung banyak vitamin yang lengkap bagi tubuh.

Rasa jahe merah pun lebih pedas dibanding jahe lainnya. Selain untuk kesehatan, biasanya jahe merah juga dimanfaatkan oleh para pria untuk urusan ranjang.

Berikut manfaat jahe merah untuk pria yang dilansir dari 1news, Rabu (6/10/2021).

1. Meningkatkan gairah

Salah satu kandungan pada jahe merah, yaitu minyak atsiri dapat memberikan efek afrodisiak. Nah, efek zat kimia inilah yang dapat melancarkan sirkulasi aliran darah dan juga memberi efek rangsangan.

2. Meningkatkan kesuburan pria

Jahe merah sendiri mengandung anrioksidan dan aktivitas androgenik. Jadi dibeberapa penelitian riset membuktikan konsumsi jahe merah dapat meningkatkan hormon testosteron yang berguna menghasilkan jumlah dan kualitas sperma. Sehingga dikatakan dapat meningkatkan kesuburan pria.

3. Mencegah masalah pencernaan

Ekstrak dari minyak jahe merah dapat melindungi sistem pencernaan Anda dari bakteri. Zat antibakteri dalam jahe dapat melawan bakteri jahat, seperti Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcus aureus.

Anda bisa menambahkannya ke makanan. Tidak hanya itu, kehangatan yang diberikan oleh jahe juga dapat menenangkan pencernaan. Rasa hangat yang diberikan oleh jahe juga banyak digunakan untuk mengobati pilek dan pilek.

4. Anti-inflamasi otot

Kandungan lainnya yang bermanfaat pada jahe dapat berperan sebagai anti inflamasi. Komponen aktif dalam jahe seperti gingerol, gingerdiones, dan zingeron dapat menghambat enzim siklooksigenase dan lipoksigenase sehingga dapat menurunkan leukotrien dan prostaglandin sebagai pemicu peradangan.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk membuktikan efek jahe pada peradangan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada atlet membuktikan bahwa pemberian ekstrak jahe selama 10 hari dapat mengurangi nyeri otot pada atlet.

Baca: Ada di Dapur, Inilah 3 Bahan Bumbu Pengencer Darah, Dikonsumsi Teratur Cegah Stroke, Ginjal hingga Jantung

Baca: Hebat, Mahasiswa UGM Temukan Formula Jahe Merah Sebagai Obat Penyakit Ginjal Kronis

5. Mengurangi resiko asam urat

Asam urat adalah suatu kondisi di mana asam urat menumpuk di persendian Anda dan menyebabkan rasa sakit dan bengkak di sekitar area tersebut. Kondisi ini lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua, meskipun orang dewasa yang lebih muda mungkin juga berisiko jika tidak dicegah sejak dini.

Baca: Antisipasi Longsor Susulan di Luwu, Menteri Sosial Minta Disiapkan 8 Titik untuk Buffer Stock

Jahe merah membantu mengurangi peradangan pada tubuh termasuk asam urat. Dengan membersihkan penumpukan asam urat pada persendian dengan melancarkan aliran darah yang lebih sehat. Oleh karena itu, dengan sering mengkonsumsi jahe merah, asam urat dapat dicegah dan diobati secara alami.(*)


Baca juga