Ilustrasi

THENEWSULSEL.COM, ITALIA - Tim nasional Spanyol mengalahkan Italia 2-1 pada semifinal UEFA Nations League 2021, Kamis (7/10/2021) dini hari WIB. 

Timnas Spanyol yang dlatih legenda hidup Barcelona  Luis Enrique maju ke final UEFA Nations League edisi kedua ini.  

Italia menjamu Spanyol di Stadion San Siro, Kota Milan. Dua gol kemenangan Tim Matador, julukan timnas Spanyol, diborong oleh penyerang sayap Manchester City Ferran Torres pada menit ke-17 dan ke-45+2. 

Sedangkan satu-satunya gol Tim Azurri Italia dicetak oleh Lorenzo Pellegrini, setelah memanfaatkan assist Federico Chiesa pada menit ke-83.

Selain merebut tiket final, kemenangan Spanyol ini sekaligus menjadi pembalasan untuk Italia yang mengalahkan mereka di semifinal Piala Eropa 2021, beberapa bulan lalu. 

Di final, pasukan Luis Enrique akan menghadapi pemenang semifinal lainnya, Belgia lawan Perancis. Laga dua raksasa Eropa ini akan berlangsung pada Jumat (8/10/2021) dini hari WIB.

Spanyol juga memutus rekor apik Italia yang sebelumnya tidak terkalahkan dalam 37 laga secara berturut-turut.

Di babak pertama, Italia yang lebih diunggulkan dan tampil di kandang sendiri, justeru kesulitan menghadapi permainan agresif Spanyol. 

Spanyol mendominasi penguasaan bola hingga 65 persen berbanding 35 persen. Tim tamu juga mampu melepas enam tembakan ke gawang lawan, dua diantaranya berbuah gol. 

Permainan menyerang Spanyol membuahkan gol pertama di menit ke-17. Ferran Torres membawa timnya unggul 1-0 setelah menuntaskan umpan silang Mikel Oyarzabal.

Italia berusaha bangkit, namun Lorenzo Insigne dkk gagal memanfaatkan beberapa peluang di babak pertama. 

Pada menit ke-41, Italia kehilangan satu pemain, yakni bek tangguh Leonardo Bonucci yang menerima kartu kuning kedua atau kartu merah. 

Spanyol mampu memanfaatkan keunggulan jumlah pemain ini. Empat menit setelah Bonucci keluar, Spanyol menggandakan keunggulan menjadi 2-0. 


Tags: Italia Spanyol timnas Spanyol UEFA Nations

Baca juga