Ilustrasi: Logo Bank BCA

JAKARTA,THENEWSULSEL.COM –Nasabah BCA yang menggunakan Kartu Debit lawas–biasanya masih magnetic stripe–harus segera mengganti dengan Kartu Debit Chip. Pasalnya per 1 Januari 2022 kartu non-chip sudah tidak dapat digunakan.

Penggantian kartu itu sesuai dengan arahan Bank Indonesia melalui SE BI No.17/52/DKSP. Jika masih ada nasabah yang menggunakan magnetic stripe, kartu akan diblokir. Dalam pelaksanaannya, tiap bank memiliki jadwal pemblokiran yang berbeda-beda.

Adapun BCA mulai memblokir pada awal 2022. “Perubahan berdasarkan kebijakan dari BI yang berlaku untuk semua bank, tidak hanya BCA saja,” ujar rilis BCA yang diterima Info Tempo, 16 September 2021.

BCA memberi waktu bagi nasabah pemegang Kartu Debit BCA atau kartu Paspor BCA untuk mengganti kartu Kartu Debit menjadi berbasis chip sebelum 31 Desember 2021.

Artinya, tersisa waktu lebih dari tiga bulan untuk mengganti kartu. Nasabah sebaiknya tidak menunda-nunda, lakukan segera di saat masih ada waktu.

Cara mengganti kartu ATM non-chip menjadi kartu chip kian dipermudah. Nasabah dapat memilih dari tiga cara berikut ini. Pertama, hubungi Halo BCA di 1500888. Layanan ini telah berfungsi sejak 9 September lalu. Kedua, melalui CS Digital BCA.

CS Digital adalah layanan bagi nasabah untuk melakukan transaksi perbankan yang terkait dengan layanan CS dalam satu mesin secara self service di cabang.

Cara terakhir, kunjungi langsung kantor BCA terdekat. Di sana, petugas akan membantu nasabah sehingga proses pergantian kartu tidak memakan waktu lama. Patut dicatat, seluruh proses penggantian kartu tidak dikenakan biaya apa pun alias gratis. Nasabah hanya membawa eKTP dan kartu paspor BCA lama.

Selain pergantian kartu wajib dilakukan, ada sejumlah keuntungan jika menggunakan kartu yang baru, Kartu Debit chip.

Pertama, Kartu Debit BCA berteknologi chip–terutama untuk Mastercard–bukan saja berfungsi untuk transaksi di di ATM dan mesin EDC, tetapi bisa untuk berbagai transaksi daring (online), berlangganan streaming musik/film, dan membeli voucher game di berbagai platform yang menyediakan pembayaran dengan Mastercard.

Keuntungan kedua, menggunakan Kartu Debit BCA berteknologi chip berarti telah mendukung kebijakan Bank Indonesia. Sejak 2015 BIa sudah mencanangkan implementasi Standard Nasional Teknologi Chip dan penggunaan enam Digit PIN untuk kartu ATM /Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia.

“Bisa digunakan untuk transaksi online jika mengaktifkan fitur Debit Online di BCA mobile (khusus yang berlogo mastercard),” kata BCA.

Baca: Dongkrak KPR, BCA Tawarkan Bunga 4,5 Persen untuk Rumah Baru dan Seken

Baca: Inilah Daftar Bank Penerima Setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji, Berikut Daftarnya

Keuntungan ketiga, Kartu Debit Non Chip yang menggunakan tekonologi magnetic strip lebih mudah di-copy. Risiko pencurian data lewat magnetic strip pada kartu atau skimming lebih besar, dibandingkan Kartu Debit Chip yang secara teknologi lebih maju dan aman.

Baca: Sidang Kasus NA: Saksi Remon Akui tidak Ada Nama NA di Catatan Kiriman AS

"Semakin cepat penggantian kartu dilakukan maka akan semakin baik untuk meningkatkan keamanan dalam bertransaksi," tulis BCA. (*)


Baca juga