Ilustrasi: Pabrik Baterai mobil listrik

JAKARTA,THENEWSULSEL.COM Pemerintah serius membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Hal ini diwujudkan dengan pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik di Karawang, Jawa Barat yang dimulai hari Rabu, 15 September 2021.

Presiden Joko Widodo memimpin langsung groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik tersebut.

Selain Jokowi, hadir juga Hadir dalam acara tersebut Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim hari ini groundbreaking pabrik industri baterai kendaraan listrik PT HKML Battery Indonesia, saya nyatakan dimulai," papar Jokowi seperti yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 15 September 2021.

Jokowi mengungkapkan, pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik ini akan jadi yang pertama di Asia Tenggara.

Sementara untuk investasi yang digelontorkan mencapai USD 1,1 miliar.

"Kita patut bersyukur hari ini bisa menyaksikan groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik di Indonesia, dan bahkan yang pertama di Asia Tenggara, dengan nilai investasi sebesar Rp1,1 miliar dolar AS," katanya

Pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik ini jadi wujud keseriusan pemerintah melakukan hilirisasi industri kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia.

Baca: Mobil Listrik Resmi Mengaspal di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasi All New Nissan Leaf

Baca: Masuk Indonesia, Mobil Listrik Wuling di Bawah Rp 100 Juta?

Apalagi, dikatakan Jokowi komoditas bahan mentah sudah hampir habis dan berakhir.

Baca: Hasil Liga Champions: Manchester City Pesta Gol, Liverpool Kerepotan Lawan AC Milan

"kita harus berani mengubah struktur ekonomi yang selama ini berbasis komoditas untuk masuk ke hilirisasi, masuk ke industrialisasi menjadi negara industri yang kuat dengan berbasis pada pengembangan inovasi teknologi,” paparnya.(*)


Baca juga