MPM Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel kerjasama dengan Pondok Pesantren Darul Fallaah Unismuh Bissoloro dalam gerakan jamaah tani santri, Ahad 12 September 2021.

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR - Majelis Pemberdayaan Masyarakat ( MPM) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah ( PWM) Sulsel melakukan kerjasama dengan Pondok Pesantren Darul Fallaah Unismuh Bissoloro dalam gerakan jamaah tani santri, Ahad 12 September 2021.

Kerjasama ini sekaligus diperkuat dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Ketua PWM Sulsel Andi Yudha Yunus dengan Direktur Ponpes Darul Fallaah, Dr Dahlan Lama Bawa. 

Direktur Pondok Pesantren Darul Fallaah Unismuh Bissoloro, Dr H Dahlan Lama Bawa, menganggap kerjasama dengan MPM PWM Sulsel dalam gerakan pemberdayaan jamaah tani santri Ponpes Darul Fallaah adalah sebuah sejarah baru bagi santri, karena inj yang pertama terjadi dilakukan penandatangan MoU. 

Dalam penandatanganan kerjasama juga hadir Wakil Ketua MPM PWM Sulsel Nasrullah Rahim serta Sekretaris MPM PWM Sulsel Muslimin. 

Sementara dari Ponpes hadir kepala sekolah SMP dan Aliyah Ponpes Darul Fallaah serta 25 kelompok jamaah tani santri. 

Dahlan Lama Bawa yang juga Sekretaris Pendidikan Ulama Tarjih Unismuh, mengatakan pencanangan  gerakan jamaah tani santri adalah salah satu dari tiga kegiatan Halaqah Pesantren Ponpes Darul Fallaah Unismuh, Bissoloro. 

Kegiatan ini pula, katanya, merupakan rangkaian dari malam pembinaan iman dan taqwa (Mabit) Santri Darul Fallaah Unismuh di Bissoloro dalam program  Khalaqah Ponpes Darul Fallaah yang berlangsung 10-11September 2021.

Sesudah penandatanganan MoU dilanjutkan dengan penyerahan alat pertanian berupa cangkul, bibit sayuran dan bibit tanaman.  

Baca: Kerukunan Keluarga Daerah Barru Serahkan Santunan untuk Keluarga Korban Penyerangan Pos Koramil Papua Barat

Untuk pakan ternak kepada 25 kelompok jamaah tani santri oleh Ketua MPM PWM Sulsel, Andi Yudha Yunus disaksikan Direktur Ponpes Darul Fallaah Unismuh Bissoloro. 

Santri Ponpes Darul Fallaah Unismuh di Bissoloro berasal dari berbagai daerah seperti  NTT,  Tana Toraja, Enrekang, Barru, Sinjai, Malino, Makassar dan Bissoloro. Ponpes ini juga telah membina tiga Ortom, yakni HW, Tapak Suci dan IPM 


Tags: ketua MPM PWM Majelis Pemberdayaan Masyarakat MPM PWM MPM PWM Sulsel Muhammadiyah Muhammadiyah Sulsel Pimpinan Wilayah Muhammadiyah

Baca juga