Tim SAR gabungan bersiap mengevakuasi salah satu jenazah pendaki yang ditemukan meninggal di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Rabu (18/8/2021). (dok. Basarnas Makassar)

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR – Tiga pendaki ditemukan tewas di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Rabu (18/8/2021).

Ketiganya adalah Steven (20), Zainal (21), dan Rian (21) yang semuanya warga Kabupaten Gowa. Mereka mendaki Gunung Bawakaraeng untuk pengibaran bendera dalam rangka HUT ke-76 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2021. 

Ketiga korban berstatus mahasiswa. Sedangkan lima rekannya yang merupakan bagian dari rombongan pendaki ini, selamat dan dievakuasi oleh Tim SAR gabungan. 

Sebelumnya, yang dikabarkan tewas dua pendaki, Steven dan Zainal. Sementara Rian masih dalam pencarian. Namun, berdasarkan hasil pencarian, Rian juga ditemukan meninggal dunia.  

"Setelah kami terima laporan adanya pendaki gunung (dua orang) yang meninggal dunia, rescuer yang bertugas untuk standby pengamanan Siaga Merah Putih bergerak menuju ke lokasi kejadian," jelas Kepala Basarnas Sulawesi Selatan, Junaedi, melalui pesan singkat, Rabu (18/8/2021). 

Diduga Hipotermia 

Seperti dilansir kantor berita Antara, Kapolsek Tinggimoncong Iptu Hasan Fadhly, menjelaskan, ketiganya meninggal diduga karena hipotermia atau kedinginan akut. 

Ia menjelaskan, pihaknya mendapat laporan mengenai kedua korban pada pukul 09.00 Wita. Setelah itu, petugas bersama Tim SAR langsung bergerak menuju lokasi.

Sejumlah pendaki diduga nekat menggelar acara pengibaran bendera Merah Putih di puncak Gunung Bawakaraeng, dalam rangka HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Baca: Lowongan Kerja Universitas Negeri, Terima 150 Dosen, Ini Syarat dan Cara Daftar

Padahal, menurut Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Gowa AKP Mangatas Tambunan, lokasi Gunung Bawakaraeng sebetulnya sudah ditutup untuk pendaki sejak Sabtu (14/8/2021) hingga Selasa (17/8/2021). 

Menurutnya, penutupan itu dilakukan oleh Pemda Gowa karena ada penerapan PPKM level 4 di Gowa.


Tags: Bawakaraeng Gunung Bawakaraeng hipotermia Kabupaten Gowa kedinginan akut pendaki gunung pendaki Gunung Bawakaraeng pendaki tewas Polres Gowa

Baca juga