Ilustrasi

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Dalam beberapa pekan terakhir, angka positif Covid-19 di Indonesia terus meningkat. 

Bagi Anda yang terinfeksi virus corona dan harus melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah, satu hal yang wajib dilakukan adalah mengecek kadar oksigen dalam tubuh secara berkala menggunakan alat puls oximeter. 

Sesuai informasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, pengukuran saturasi oksigen sangat penting untuk mengetahui kondisi saturasi. 

Jika hasil pengukuran saturasi rendah, maka bisa segera dilakukan tindakan. 

Salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan saat pasien isolasi mandiri di rumah adalah teknik proning. Ada tiga posisi proning yang bisa Anda lakukan, yakni:

Posisi pertama, Anda berbaring di atas perut selama 30 menit. Pada posisi ini, Anda berbaring tengkurap dengan memberikan alas bantal di bawah pinggul, leher, dan kaki. 

Posisi kedua, Anda berbaring ke sisi kanan selama 30 menit. Pada posisi ini, gunakan alas bantal di bawah leher, pinggul, dan dijepit kedua kaki.

Posisi ketiga, tidur dengan posisi setengah duduk selama 30 menit, bagian punggung sampai tengkuk ganjal dengan bantal

Selama melakukan teknik proning ini, upayakan dilakukan di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. 

Menurut Kementerian Kesehatan, jika teknik ini sudah sering dilakukan namun belum bisa meningkatkan saturasi oksigen dalam tubuh, segera ke fasyankes terdekat untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Level Saturasi Oksigen

Pasien Covid-19 juga harus mengetahui level saturasi oksigen dan cara penanganannya. 

Level 95-100 : Dalam kondisi baik

93-94 : Perlu berbaring untuk meningkatkan kadar oksigen

<92 : Perlu ke rumah sakit untuk mendapat perawatan dokter

< 80 : Perlu menggunakan ventilator


Tags: Covid 19 Covid-19 isolasi isolasi mandiri naikkan saturasi oksigen pasien Covid-19 penderita Covid-19 positif Covid-19 proning pulse oximeter saturasi saturasi oksigen teknik proning

Baca juga