ilustrasi gempa bumi

THENEWSULSEL.COM, MANADO - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (10/7/2021) pagi, pukul 08.43 Wita.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa berada pada 2.99 LU, 126.63 BT atau 112 kilometer Barat Daya Kecamatan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud. Gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer. 

Sesuai penjelasan Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado, Edward Henry Mengko, gempa dirasakan di Sangihe III-IV MMI, Tomohon II MMI, Bitung II MMI, dan Boltim II MMI.

Edward menambahkan, jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa dengan kedalaman dangkal itu terjadi karena deformasi batuan pada lempeng Laut Maluku. 

Menurut BMKG, gempa bumi di Kabupaten Kepulauan Talaud itu tidak berpotensi tsunami. Namun, warga diimbau tetap waspada, karena BMKG mencatat sudah tiga kali gempa susulan. setelah gempa magnitudo 6,2. 

Baca: Arab Saudi Tetapkan Idul Adha Jatuh 20 Juli 2021, Bagaimana Indonesia?

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Talaud Alpius Londoran yang berada di daerah Melonguane mengemukakan, tidak merasakan getaran gempa. 

Ia menambahkan, BPBD Talaud sedang melakukan  koordinasi dengan camat terdekat dari titik gempa.

Namun, beberapa warga di Kota Manado mengatakan, merasakan getaran gempa meski tidak kencang. (*)



Tags: bmkg gempa gempa bumi

Baca juga