Ilustrasi

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR - Setelah 55 hari memimpin Universitas Cokroaminoto Makassar (UCM),  Prof. Dr. H. Muh. Tahir Kasnawi, S.U. langsung melakukan evaluasi. 

Salah satu program yang dilaksanakan adalah penerimaan dosen tetap yayasan untuk program studi (prodi0 Teknik Elektro yang sedang berjalan.

Sekretaris Fakultas Teknik UCM, Malik S.T., M.T. menjelaskan, khusus untuk Fakultas Teknik yang baru dibuka adalah Prodi Teknik Sipil. 

Dosen yang akan diterima adalah lulusan S-2 prodi yang diperlukan dan pendaftaran hingga seminggu ke depan. 

“Kita akan menerima dosen tetap yayasan untuk Program Studi Teknik Elektro yang sedang berjalan,” kata Malik. 

Prodi pendidikan teknik elektro vokasi dibutuhkan calon dosen yang tidak Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN). 

“Bagi mereka yang tidak memiliki NIDN namun berkeinginan mengabdi di UCM dapat menghubungi  081242000041 dan 085255347377,” harap Malik. 

Rektor UCM Muh. Tahir Kasnawi dalam rapat evaluasi 55 hari masa kerjanya 5 Juli 2021 mengharapkan, perguruan tinggi yang dipimpinnya memberi kesempatan kepada mereka yang hendak menjalani pendidikan tinggi, seperti melalui jalur kerja, ada juga melalui jalur kepala desa, dan jalur alih jenjang. 

Oleh sebab itu, Rektor mengharapkan agar dibentuk tim konversi yang diketuai Biro Administrasi Akademik guna mengonversi mereka yang mengikuti pendidikan alih jenjang tersebut. 

Program alih jenjang ini dapat juga diikuti oleh mereka yang sudah menamatkan pendidikan Diploma Tiga (D III) dan ingin melanjutkan pendidikan pada Strata Satu (S-1) di UCM disesuaikan dengan prodi yang telah diikuti selama pendidikan diploma. 

Wakil Rektor I UCM Dr. H. Ibrahim Saman, S.E., M.M. menekankan, tantangan yang dihadapi UCM ke depan adalah memperbaiki daya saing akreditasi perguruan tinggi, yakni bagaimana UCM dapat masuk kategori klaster perguruan tinggi. 

Baca: Kemendikbud Ristek Buka 10.447 Formasi CPNS 2021, Ini Syarat dan Cara Daftar

Saat ini, dari 4.000 perguruan tinggi hanya sekitar 2.000 lebih yang masuk klaster. 

“Kita harus melakukan percepatan sesuai prinsip taat asas, di antaranya tidak boleh mengajar jika dosen tidak memiliki jabatan fungsional (japung),” ujar mantan pejabat di Lembaga Layanan Pendidikan  Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sulawesi itu. 

Baca: Jadwal Final Euro 2020: Inggris vs Italia, Harry Kane Cs Hindari Adu Penalti, Live Mola TV

 Kabag Humas UCM Dr.H.M.Dahlan Abubakar, M.Hum kepada media menjelaskan Jumat (9/7/2021), pelamar UCM kian hari makin bertambah, terutama untuk beberapa program studi Manajemen dan Komunikasi (Kehumasan). 

“Jika UCM sudah mulai dilirik lulusan SLTA, UCM akan membuka Program Studi Jurnalistik yang diharapkan sebagai salah satu prodi andalan untuk menghasilkan jurnalis yang berkualitas,” ujar mantan Kepala Humas Unhas yang juga menyandang Tokoh Pers versi Dewan Pers tersebut. (*)



Tags: dosen loker lowongan kerja

Baca juga