Logo Euro

THENEWSULSEL.COM, INGGRIS – Jadwal semifinal Euro 2020 atau Piala Eropa 2020 antara Italia vs Spanyol akan berlangsung Selasa (6/7/2021) malam atau Rabu (7/7) dini hari WIB.

Bigmatch dua favorit juara ini akan berlangsung di Stadion Wembley, Kota London, Inggris, mulai pukul 02.00 WIB. Laga ini live di RCTI, iNews, dan Mola TV.

Di babak final, pemenang Italia vs Spanyol akan menghadapi pemenang semifinal lainnya antara Inggris vs Denmark.

Kondisi Kedua Tim 

Pemain timnas Italia diliputi kepercayaan diri tinggi, setelah tampil mengesankan di fase grup dengan poin sempurna 9 atau menang tiga kali.

Kepercayaan diri Ciro Immobile dan kawan-kawan semakin bertambah, setelah Italia menyingkirkan favorit juara lainnya, Belgia 2-1 di perempat final. 

Sedangkan Spanyol lolos ke semifinal setelah menang adu penalti atas Swiss. Padahal, Swiss bermain dengan 10 orang sejak pertengahan babak kedua saat laga normal 90 menit. 

Di fase grup, penampilan Spanyol juga tidak terlalu meyakinkan. Bahkan striker Alvaro Moratta menjadi sasaran kekesalan fans Spanyol. 

Menariknya, Alvaro Moratta akan menjalani ujian sulit  untuk membobol gawang Italia. Moratta akan menghadapi dua bek tangguh Italia, Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci yang merupakan rekan setimnya di klub Juventus.

Momen ini merupakan kesempatan Moratta membuktikan kapasitasnya sebagai striker utama Tim Matador Spanyol. Sebab, sejauh ini, pertahanan Italia sangat solid. 

Apalagi, Italia datang ke Wembley setelah memenangi 13 pertandingan internasional terakhir mereka. Italia di tangan pelatih Roberto Mancini juga tak terkalahkan dalam 32 laga (menang 27, seri 5). 

Bagaimana dengan Spanyol? Di tangan pelatih Luis Enrique, penampilan Spanyol sempat dikritik di awal babak penyisihan grup.

Setelah itu, Spanyol mengalahkan Slovakia 5-0 dan lolos ke babak 16 besar. Mereka menyingkirkan Kroasia 5-3 melalui extra time untuk maju ke perempat final. 

Di babak perempat final atau 8 besar, Spanyol bermain imbang 1-1 lawan Swiss di waktu normal dan extra time. Laga diakhiri adu penalti dan Spanyol unggul 3-1.

Menghadapi Spanyol, Roberto Mancini menegaskan, “Setelah (menyingkirkan) Belgia, Spanyol adalah yang berikutnya. Tetapi semakin Anda jauh melaju, semakin sulit jadinya." 

Baca: Copa America 2021: Hasil Brasil vs Peru, Neymar Cs ke Final, Wajah Baru Jadi Bintang

Optimisme serupa juga disuarakan pelatih Spanyol, Luis Enrique. "Kami sangat bangga (bisa ke semifinal). Sekarang kami semua ingin mencapai final dan menang," katanya.

Pemain Cedera

Namun, ada kabar buruk. Italia tak bisa memainkan Leonardo Spinazzola yang mengalami cedera saat melawan Belgia. 

Alessandro Florenzi juga belum pulih dari cedera, sehingga diragukan bisa tampil lawan Spanyol.

Padahal, Spinazzola tampil bagus di lini tengah Italia pada beberapa laga sebelumnya. 

Baca: WHO: Ini Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Selama Pandemi Covid-19

Di kubu Spanyol, Pablo Sarabia masih berkutat dengan cedera otot. Jika tidak bisa tampil, maka kerugian besar bagi Spanyol.

Sarabia merupakan penyerang sayap andalan Spanyol berpasangan Ferran Torres. Sarabia punya kecepatan dan kemampuan individu membawa bola masuk ke kotak penalti lawan. 

Perkiraan Susunan Pemain

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Emerson Palmieri, Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, Giovanni Di Lorenzo; Jorginho, Marco Verratti, Nicolo Barella; Federico Chiesa, Lorenzo Insigne, Ciro Immobile.

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Jordi Alba, Aymeric Laporte, Eric Garcia, Cesar Azpilicueta; Sergio Busquets, Koke, Pedri; Dani Olmo, Ferran Torres, Alvaro Morata.

Baca: Mabes TNI Buka Penerimaan Perwira PSDP Penerbang 2021 untuk Lulusan SMA/MA, Ini Syarat dan Cara Daftar

Prediksi Hasil Pertandingan

Italia jelas lebih diunggulkan, karena tampil konsisten sejak fase penyisihan grup. 

Sebaliknya, Spanyol masih belum konsisten tapi punya materi pemain yang sama bagusnya dengan Italia. 

Artinya, kedua tim punya peluang yang sama besarnya untuk menang dan ke final. (*)



Tags: Euro Euro 2020 Italia jadwal bola jadwal bola hari ini jadwal bola malam ini jadwal Euro jadwal Euro 2020 Piala Eropa Piala Eropa 2020 semifinal Spanyol

Baca juga