CPNS

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA - Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia membuka 3.337 formasi CPNS 2021 untuk lulusan D3 hingga S1. 

Lowongan ini juga terbuka untuk penyandang disabilitas serta putra putri Papua dan Papua Barat. 

Mereka yang lolos seleksi akan ditempatkan di berbagai kantor di bawah naungan Mahkamah Agung RI, misalnya Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Mahkamah Syariah, Pengadilan Militer, dan beberapa kantor di lingkungan Mahkamah Agung lainnya.  

Sesuai laman resmi mahkamahagung.go.id, pada penerimaan CPNS 2021 ini juga terbuka beberapa formasi bagi penyandang disabilitas. 

Formasi CPNS 2021 MA yang terbuka sebagai berikut: 

1. Jabatan Analis Perkara Peradilan atau Calon Hakim dibuka untuk 1.540 formasi. 

Jabatan Analis Perkara Peradilan diarahkan untuk mengikuti seleksi Calon Hakim. Jika tidak lulus seleksi Calon Hakim, tetap dalam jabatan Analis Perkara Peradilan. 

Kualifikasi pendidikan: 

S-1 Hukum, S-1 Ilmu Hukum, S-1 Al-Ahwal Al-Syakhshiyah, S-1 Al-Ahwal Asy-Syakhsiyah, S-1 Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah, S-1 Jinayah Siyasah, S-1 Siyasah, S-1 Siyasah Jinayah, S-1 Muamalah, S-1 Syariah, S-1 Perbandingan Mazhab dan Hukum 

Formasi atau jabatan ini terbuka untuk jalur cumlaude sebanyak 278, putra putri Papua dan Papua Barat 3 formasi, dan jalur umum 1.259 formasi. 

2. Analis Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan dibuka untuk 303 formasi. 

Kualifikasi pendidikan: S-1 Ekonomi, S-1 Sosial (kualifikasi pendidikan S-1 Sosial, kecuali program studi/jurusan Psikologi dan Kriminologi), S-1 Administrasi Negara, S-1 Pemerintahan, S-1 Kebijakan Publik Jabatan ini terbuka untuk jalur cumlaude sebanyak 56 formasi, jalur disabilitas sebanyak 10 formasi, putra putri Papua dan Papua Barat sebanyak 2 formasi, dan jalur umum sebanyak 235. 

3. Pengelola Perkara dibuka untuk 1.192 formasi. 

Kualifikasi pendidikan: D-III Administrasi, kecuali program studi/jurusan Administrasi hotel/perhotelan, Administrasi Rekam Medik, Administrasi Kebijakan Kesehatan, Administrasi Logistik, Administrasi Perekam Medis dan Kesehatan, Administrasi Kepelabuhan, Administrasi Perhubungan Udara dan Administrasi Pertanian. 

Posisi/jabatan ini terbuka untuk jalur disabilitas sebanyak 48 formasi, putra putri Papua dan Papua Barat sebanyak 3 formasi dan jalur umum 1.141 formasi. 

Baca: Survei Pilpres 2024 Voxpol: Prabowo-Anies Kalahkan Ganjar-Ridwan Kamil

4. Pengelola Barang Milik Negara dibuka untuk 302 formasi. 

Kualifikasi pendidikan: D-III Akuntansi, D-III Manajemen Aset, D-III Akuntansi Komputer, D-III Administrasi Negara, D-III Administrasi Publik 

Cara Mendaftar 

Pendaftar atau pelamar yang memenuhi kualifikasi disilakan mendaftar melalui online di laman  https://sscasn.bkn.go.id.

Pendaftaran dibuka sejak 30 Juni 2021 dan berakhir 21 Juli 2021, menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) peserta dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) kepala keluarga pada Kartu Keluarga (KK) atau Nomor Kartu Keluarga (KK). 

Baca: Jadwal Semifinal Euro 2020: Spanyol vs Italia, Inggris vs Denmark, Peluang Besar Three Lions

Saat pendaftaran secara online melalui portal, pelamar harus mengisi NIK pelamar dan NIK kepala keluarga pada Kartu Keluarga atau Nomor Kartu Keluarga, alamat email aktif, membuat password dan membuat jawaban pengaman lalu mengunggah pas foto (selfie untuk pengenal wajah) dan upload KTP cetak Kartu Informasi Akun. 

Baca: Kabar Duka, Artis Jane Shalimar Meninggal Dunia, Dirawat di Rumah Sakit karena Covid-19

Pelamar kembali login ke portal di atas menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan, pelamar memilih instansi Mahkamah Agung, jenis penetapan kebutuhan dan jabatan sesuai pendidikan serta melengkapi data dan form yang tersedia. 

Jika sudah lengkap, pelamar dapat mencetak Kartu Pendaftaran SSCASN 2021. 

Informasi lebih lanjut mengenai informasi CPNS 2021 di Mahkamah Agung RI, silakan mengakses laman mahkamahagung.go.id. (*)



Tags: CPNS CPNS 2021 Formasi CPNS formasi CPNS 2021 lowongan cpns Pendaftaran CPNS Penerimaan CPNS

Baca juga