Ilustrasi maskapai Super Air Jet (foto: superairjet.com)

THENEWSULSEL, JAKARTA  – Di tengah lesunya dunia transportasi udara karena sepi penumpang selama pandemi Covid-19, maskapai baru Super Air Jet justru siap beroperasi. 


Super Air Jet (SAJ) kini mulai mempromosikan rute dan tarif penerbangan dalam negeri. Hal itu terungkap  melalui laman resmi perusahaan, superairjet.com.

Sesuai laman superairjet.com, Senin (28/6/2021), setidaknya terdapat 10 rute penerbangan domestik yang bakal dibuka. 

Bahkan pada laman tersebut, sudah terdapat menu pesan tiket Super Air Jet online, namun belum diaktifkan.

Anda dapat melihat rute dan tarif Super Air Jet itu pada menu Promosi. 

Tarif termurah dibanderol Rp 252.000 untuk rute penerbangan Jakarta-Palembang. Rute lainnya, Jakarta-Pekanbaru yang dipatok Rp 423.000. 

Pada rute Jakarta-Medan Kualanamu, tarif Super Air Jet mulai Rp 536.000. 

Dalam laman itu, disebutkan pula rute Jakarta-Pontianak dengan tarif mulai Rp 385.000, Jakarta-Padang dengan tarif mulai Rp 440.000, dan Jakarta-Batam tarifnya mulai Rp 429.000. 

Rencananya, maskapai ini juga menerbangi rute Jakarta-Lombok (NTB) dengan tarif Rp 416.000. 

Tarif rute Jakarta-Surabaya dipatok Rp 348.000, Jakarta-Denpasar (Bali) Rp 426.000, dan Jakarta-Banjarmasin mulai Rp 437.000. 

Dalam laman superairjet.com dijelaskan bahwa Super Air Jet merupakan maskapai penerbangan bertarif rendah yang berbasis di Jakarta, Indonesia. 

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah menyelesaikan proses sertifikasi permohonan Air Operator Certificate (AOC) PT Super Air Jet dengan tipe pesawat Airbus A320. 

Baca: Jadwal Euro 2020 Malam Ini: Laga Panas Kroasia vs Spanyol dan Prancis vs Swiss, Live RCTI-Mola TV


Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto, pihaknya telah melakukan proses sertifikasi sesuai ketentuan International Civil Aviation Organization (ICAO) atas surat permohonan Super Air Jet pada September 2020 lalu. 

Setelah selesainya seluruh tahapan sertifikasi terhadap SAJ, maka maskapai ini dinyatakan sudah memenuhi seluruh persyaratan teknis dan keselamatan sebagai pemegang Air Operator Certificate.


Baca: Inilah Formasi CPNS 2021 Badan Siber Sandi Negara, DPR RI, dan Kementerian Luar Negeri


Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Dadun Kohar menambahkan, seluruh proses pembentukan calon maskapai baru ini melalui prosedur yang panjang dan telah sesuai dengan ketentuan dari perundang-undangan yang berlaku. (*)



Tags: maskapai SAJ rute rute domestik rute penerbangan rute SAJ SAJ Super Air Jet tarif tarif tiket pesawat

Baca juga