Ilustrasi: CPNS

THENEWSULSEL.COM-Setiap tahap seleksi administrasi CPNS penting dilalui oleh para peserta. Alasannya, tahap ini kunci lolos atau tidaknya dalam proses seleksi administrasi CPNS 2021.

Seleksi tersebut tidak memandang nilai rill IPK setiap peserta. Penilaian administrasi CPNS tidak berdasarkan pada nilai IPK. Jadi bisa saja nilai IPK Anda yang tinggi tidak lolos seleksi administrasi.

Anda yang ingin lulus seleksi administrasi CPNS perlu memperhatikan dan mempersiapkan diri dengan baik. 

Penting bagi Anda untuk mengikuti tips lulus seleksi aadministrasi rekrutmen CPNS. Bukan hanya berkas-berkas yang terdiri dari KTP, surat lamaran, surat pernyataan, hingga surat keterangan akreditasi.

Namun, persiapan mental, psikologis Anda untuk lebih teliti, lebih cermat dan sabar dalam mengisi formulir pendaftaran seleksi administrasi CPNS.

Berikut ini Tips lulus seleksi administrasi CPNS yang penting Anda pahami:

1).Pastikan Anda membaca seluruh persyaratan administrasi dengan teliti.

Setiap institusi yang memiliki syarat-syarat khusus yang penting Anda pahami. Salah satunya syarat tenaga kesehatan yang harus memiliki surat tanda registrasi.

Surat tanda registrasi yang wajib dikeluarkan oleh organisasi profesi bersifat mutlak dan tidak dinegosiasi. Anda yang berminat menjadi tenaga kesehatan wajib mempunyai surat tanda registrasi.

Jika Anda tidak memiliki surat tersebut, bisa dipastikan Anda tidak memenuhi persyaratan seleksi dan gagal.

2). Jangan salah Memilih Formasi jabatan

Ketelitian dan kecermatan Anda benar-benar diuji saat mengisi formasi jabatan ini. Anda tidak perlu terburu-buru dalam memilih segmen ini.

Santai dan rileks saja dalam menentukan posisi format jabatan, karena itu kunci masa depan Anda. Bila Anda tidak cermat dan teliti bisa saja salah memilih.

Anda tak perlu memaksakan diri, kalau tidak mampu dengan posisi yang ditawarkan itu. Anda tidak memenuhi syarat dan kriteria, meski IPK miliki 4 tetap dinyatakan gagal.

Anda baiknya memilih formasi atau pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan ijazah yang Anda miliki.

Kemudian pilih formasi jabatan yang ditawarkan oleh instansi. Anda perlu melakukan pemilihan formasi jabatan yang tepat.

Alasannya, bila salah pilih format jabatan akan berdampak pada hasil kelulusan seleksi administrasi

Baca: Sah! Hak Cuti ASN Ditiadakan, Pemerintah Larang Mereka Bepergian Keluar Daerah

Baca: Pendaftaran CPNS 2021 Dibuka Pekan Depan, Ini Cara Mendaftar dan Buat Akun SSCASN

Kalau hal ini terjadi sudah pasti Anda mengalami kegagalan dalam seleksi administrasi CPNS. Oleh karena itu, pilih formasi jabatan sesuai ijazah yang Anda miliki.

Baca: EURO 2020: Denmark Meledak, Italia Catat Rekor Hingga Menit ke-88

3).Unggah Dokumen dengan kouta internet yang stabil.(*)


Baca juga