Ilustrasi magang

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) meluncurkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) 2021.

Merdeka Belajar Kampus Merdeka 2021 memiliki delapan program untuk mahasiswa. Salah satu diantaranya adalah program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). 

Untuk mengakomodir mahasiswa yang ikut program magang bersertifikat ini, Ditjen Dikti Kemendikbudristek bekerja sama dengan ratusan mitra industri. 

Hari Selasa (22/6/2021) lalu, Ditjen Dikti Kemendikbudristek bersama 160 mitra industri mengadakan Festival Kampus Merdeka Magang dan Studi Independen Bersertifikat, sebagai tahap pengenalan program magang bersertifikat (MSIB). 

Magang Bersertifikat Kampus Merdeka merupakan  program magang yang dipercepat dan diakselerasikan dengan pengalaman belajar yang dirancang dengan baik. 

Sedangkan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka adalah sebuah pembelajaran di kelas yang dirancang dan dibuat khusus berdasarkan tantangan nyata yang dihadapi oleh mitra/industri. 

Bagi mahasiswa yang berminat ikut program ini, dapat melakukan registrasi. Batas akhir pendaftaran atau registrasi hingga 31 Juli 2021. 

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Nizam, program MSIB ini untuk memberikan ruang bagi mahasiswa mendapatkan pengalaman mengetahui dunia profesi dan menciptakan tenaga kerja yang profesional. 

Menurut nizam, untuk memasuki dunia profesi tentu tidak cukup hanya belajar dari kelas, dari laboratorium, ataupun dari perpustakaan tetapi harus terlibat langsung di dalam dunia profesi. 

Baca: Indofood Tawarkan Biaya Penelitian bagi Mahasiswa, Ini Syarat dan Cara Mendaftar

“Itulah pengalaman yang sesungguhnya dan merupakan hal yang sangat penting,” jelasnya.

Ia menambahkan, mahasiswa yang hendak lulus disediakan tempat untuk memasuki dunia kariernya, di mana diberikan program pengembangan soft skill oleh pusat karier. 

Menurut Nizam, program magang bersertifikat (MSIB) ini tidak hanya dilakukan di industri, namun juga di lembaga-lembaga ataupun kementerian-kementerian. 

Baca: Jadwal Euro 2020 Malam Ini: Wales vs Denmark vs, Adu Tajam Striker Real Madrid dan Barcelona

Mahasiswa mendapat peluang besar mengikuti passion-nya dalam menyiapkan diri memasuki dunia profesi. 

“MSIB ini tidak hanya di industri, tapi juga bisa dilakukan di lembaga-lembaga internasional misalnya di UNDP dan berbagai macam lembaga internasional,” katanya. 

Dengan mengetahui atau mengalami pengalaman profesi di lembaga-lembaga yudikatif maupun di birokrasi, merupakan kesempatan yang sangat luas untuk mengikuti passion dalam menyiapkan diri memasuki dunia profesi dengan beragam profesi.

Baca: Yamaha Buka Banyak Lowongan Kerja, Terima Lulusan D3 dan S1 Fresh Graduate

Direktur Kepatuhan & Sumber Daya Manusia PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Agus Dwi Handaya mengungkapkan, dengan hadirnya peserta magang akan menciptakan ruang belajar yang baik bagi peserta dan lingkungan yang baik untuk perusahaan. 

Pendaftaran program magang bersertifikat ini dapat dilakukan secara online melalui laman: https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program 



Tags: Kemendikbud Kemendikbud RI Kemendikbud Ristek lowongan magang magang kerja magang mahasiswa mahasiswa magang program magang

Baca juga