Vivo V21 5G

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Sejak akhir Mei 2021 lalu, pengguna internet di Indonesia sudah bisa menikmati jaringan seluler 5G.

Operator seluler pertama di Indonesia yang menyajikan akses internet super cepat 5G adalah Telkomsel. Layanan ini sudah bisa dinikmati pada beberapa titik tertentu di Tanah Air, termasuk di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.  

Sebagai antisipasi, sejumlah vendor handphone (HP) atau smartphone telah merilis ponsel berbasis 5G di Indonesia. Salah satunya adalah Vivo. 

Vendor asal China itu mengklaim, saat ini ada tiga seri ponsel miliknya yang sudah mendukung layanan 5G Telkomsel di Indonesia, yakni Vivo X60 5G, Vivo X60 Pro 5G, dan Vivo V21 5G. 

Vivo X60 Series merupakan ponsel 5G yang dirilis pada April 2021 lalu. Sedangkan, Vivo V21 5G merupakan ponsel kelas menengah yang baru diperkenalkan pekan ini. 

Vivo Indonesia menyebutkan, untuk pasar Indonesia,   konsumen bisa mendapatkan ponsel dengan layanan 5G pada Vivo X60 Series (Vivo X60 5G dan Vivo X60 Pro 5G) dan Vivo V21 5G.

Untuk bisa menikmati layanan 5G Telkomsel, Vivo menjelaskan, pengguna harus melakukan pembaruan (update) terlebih dahulu dan mengikuti prosedur pemakaian yang diberikan. 

Baca: Indofood Tawarkan Biaya Penelitian bagi Mahasiswa, Ini Syarat dan Cara Mendaftar

Baca: Lowongan Kerja Magang di Toyota Selama 6 Bulan, Terbuka untuk Mahasiswa dan Sarjana

Untuk menggelar layanan internet 5G, Telkomsel menggunakan pita frekuensi 2,3 Ghz untuk data plane jaringan 5G, sementara control plane memakai spektrum 1,8 GHz. 

Telkomsel menyampaikan, jika pengguna sudah memakai perangkat dan kartu SIM yang mendukung 4G, maka idak perlu mendaftar atau mengganti fisik kartu SIM untuk bisa menikmati layanan 5G. (*)



Tags: 5G 5G Telkomsel gerai Telkomsel handphone harga HP HP internet 5G ponsel ponsel 5G ponsel baru

Baca juga