Sergio Ramos

THENEWSULSEL.COM, SPANYOL – Bek tengah Sergio Ramos resmi meninggalkan Real Madrid setelah 16 musim berseragam El Real. 

Pemain berusia 35 tahun ini mempersembahkan banyak trofi juara untuk Real Madrid. Termasuk yang fenomenal yakni trofi juara Liga Champions tiga tahun berturut-turut bersama pelatih Zinedine Zidane.  

Sergio Ramos bergabung dengan Real Madrid pada musim panas 2005. Real Madrid memboyong sang pemain dengan dana sebesar 27 juta euro dari klub Sevilla.

Ketika itu, nilai transfer Sergio Ramos dari Sevilla ke Real Madrid merupakan rekor bagi bek asli Spanyol di kompetisi La Liga (Liga Spanyol).

Ramos mengenakan nomor punggung 4 yang sebelumnya dipakai oleh kapten legendaris Real Madrid, Fernando Hierro. 

Setelah kiper Ike Casillas meninggalkan klub karena kontrak tak diperpanjang tahun 2015, Ramos dipercaya menyandang ban kapten Real Madrid.

Selama di Santiago Bernabeu, Ramos ikut berperan besar menyumbang gelar juara. Antara lain lima trofi Liga Spanyol, empat trofi Liga Champions, dan dua gelar juara Copa del Rey. 

Baca: Penerimaan CPNS 2021 Kejaksaan RI, Ratusan Formasi untuk Lulusan SMA dan D3, Ini Rinciannya

Pemain ini mencatat total 671 penampilan di semua kompetisi bagi Real Madrid dengan catatan 101 gol. Jumlah gol ini sangat impresif mengingat posisi Ramos sebagai pemain belakang. 

Hari Kamis (17/6/2021), manajemen Real Madrid  mengumumkan bahwa akan ada perpisahan dengan sang kapten tim. 

Ramos dikabarkan memutuskan untuk tidak melanjutkan kontraknya bersama Real Madrid yang akan berakhir pada 30 Juni 2021.

Baca: Semifinal NBA 2021: Brooklyn Nets Kalahkan Bucks di Game Kelima, Selangkah Lagi ke Final

Baca: Jokowi Mau Datang, Bupati Wajo Melapor ke Plt Gubernur Sulsel Sekaligus Bahas PI

Belum jelas kemana Ramos akan berlabuh, namun banyak klub top Eropa yang berminat. Dua diantaranya adalah Manchester City dan Paris Saint-Germain (PSG).

Ramos saat ini sedang pemulihan kebugaran. Ia tidak masuk skuad timnas Spanyol di Euro 2020 atau Piala Eropa 2020. Padahal, Ramos merupakan kapten timnas Spanyol dalam beberapa tahun terakhir. (*)



Tags: kapten Real Madrid kapten timnas Spanyol Madrid Ramos Real Madrid Sergio Ramos Sevilla timnas Spanyol

Baca juga