Mendikbud RI Nadiem Makarim pada peluncuran program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membuka program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021. 

Kemendikbud Ristek akan menjaring 20.000 mahasiswa ikut program ini. Pada program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, peserta akan merasakan belajar atau kuliah di kampus lain. 

Program ini untuk membuka ruang bagi mahasiswa yang berbeda kampus untuk berjumpa, bercerita, dan berbagi. 

Karena itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim mengimbau mahasiswa beramai-ramai mendaftar dan ikut seleksi.

Pendaftaran dibuka 14-27 Juni 2021 melalui laman Pertukaran Mahasiswa Merdeka. 

Nadiem Makarim memastikan, peserta akan mendapatkan banyak pengalaman yang berharga. Dari pertemuan dan perkenalan sesame mahasiswa, peserta akan bersama-sama belajar menghargai perbedaan dan keberagaman. 

“Semua itu kalian lakukan sambil mengikuti perkuliahan,” jelas Nadiem Makarim di laman Kemendikbud, Senin (14/6/2021). 

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Nizam pada program ini, mahasiswa bisa merasakan belajar di universitas lain. 

Contohnya, mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo dapat merasakan belajar di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. 

Mahasiswa yang lolos selesi akan dikirim ke salah satu kampus di luar pulau domisilinya untuk mengikuti proses pembelajaran dengan tiga skema yang dapat dipilih.

Mahasiswa juga mendapatkan sistem kredit semester (SKS) maksimal 20 SKS di perguruan tinggi mitra. Ada pula program pengayaan yang disiapkan oleh ribuan dosen yang berdedikasi penuh untuk membangun soft skills, kompetensi, dan semangat kebersamaan. 

Baca: Badan Pemeriksa Keuangan Terima 1.320 CPNS 2021, Ini Rincian Formasi dan Cara Daftar

Peserta program ini juga akan mengikuti kegiatan Modul Nusantara yang setara dengan 2 SKS dan dibimbing oleh dosen. 

Terdapat empat kegiatan pokok yang ada pada Modul Nusantara ini antara lain kebhinekaan (14 kegiatan), inspirasi (3 kegiatan), refleksi (7 kegiatan), dan kontribusi sosial (1 kegiatan). 

Syarat Mendaftar 

1. Mahasiswa S1 non-vokasi, aktif pada semester 3, 5, dan 7 dari PTN maupun PTS di seluruh tanah air.   

2. IPK minimal 2,75 atau memiliki pengalaman prestasi non-akademik tingkat daerah/nasional/ internasional (dibuktikan dengan dokumen yang sah). 

3. Punya kemampuan dan peluang untuk mengembangkan penalaran, wawasan, serta berintegritas, kreatif dan inovatif. 

Baca: Pemprov Sulsel Terima 349 CPNS 2021 dan 8.000 Lebih PPPK, Plt Gubernur: 2 Persen untuk Disabilitas

4. Tidak pernah dikenakan sanksi akademik dan non-akademik pada perguruan tinggi pengirim.

5. Bersedia menaati seluruh ketentuan tertulis pada buku POB (Pedoman Operasional Baku) Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. 

6. Dapat rekomendasi dari PT asal dan izin orang tua/wali.

Untuk informasi lengkap dan cara mendaftar, silakan buka laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/pertukaranMahasiswaMerdeka2021


Tags: Kemendikbud Kemendikbud RI Kemendikbud Ristek pertukaran mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka program pertukaran mahasiswa

Baca juga