logo

THENEWSULSEL.COM, INGGRIS – Laga Inggris vs Kroasia akan membuka pertandingan penyisihan Grup D Euro 2020 di Stadion Wembley, Kota London, Minggu (13/6/2021) malam. Kick off pukul 20.00 WIB.

Publik sepakbola Indonesia dapat menyaksikan laga yang diprediksi panas ini melalui siaran langsung MNC Sport dan Mola TV. 

Laga ini sangat penting bagi kedua, terutama bagi Inggris. Pertemuan ini merupakan momen tepat untuk membalas sakit hati setelah Inggris kalah lawan Kroasia di semifinal Piala Dunia 2018.

Ketika itu, Inggris selangkah lagi ke final Pials Dunia 2018 yang kemudian dimenangkan Perancis. Inggris sempat unggul duluan 1-0, sebelum kalah 1-2 pada babak extra time.

Inggris sebenarnya sudah mengalahkan Kroasia 2-1, tapi hanya di ajang Nations League 2018-2019. Publik sepakbola Inggris ingin pasukan Gareth Southgate membalas di ajang yang lebh bergengsi.  

Inggris juga sangat termotivasi, sebab babak final Euro 2020 akan berlangsung di Stadion Wembley, Kota London, Inggris. Sedangkan penyisihan grup berlangsung di beberapa negara. 

Masalah terbesar bagi pasukan Three Lions menghadapi laga perdana lawan Kroasia ini adalah lini belakang, terutama posisi bek tengah.

Pasalnya, pemain andalan Harry Maguire masih berpacu dengan waktu untuk pemulihan cederanya. Meski kapten Manchester United itu sudah ikut berlatih bersama tim.  

Jika tanpa Maguire, opsi terbaik pelatih adalah menduetkan bek tengah John Stones dengan Tyrone Mings. Bisa juga memasang tiga bek tengah yang diapit dua bek sayap.

Southgate juga mungkin tak bisa memainkan Jordan Henderson di lini tengah karena cedera, tapi sang pelatih masih memiliki Declan Rice.

Di lini depan, Harry Kane akan memimpin unit serangan, dan kemungkinan diapit penyerang sayap  Marcus Rashford dan Raheem Sterling. 

Baca: Mendikbud Ajak Mahasiswa Daftar Program Kampus Mengajar Tahap II, Ini Syarat dan Caranya

Hal yang paling menarik ditunggu adalah nasib tiga gelandang kreatif Phil Foden, Mason Mount dan Jack Grealish, apakah dimainkan bersama atau bergantian.

Di kubu lawan, Kroasia masih mengandalkan Luka Modric yang sudah berusia 35 tahun. Pemain Real Madrid ini tetap ancaman, bersama dengan mitranya yang gelandang tangguh dari Chelsea, Mateo Kovacic.

“Luka itu unik, dia profesional sejati dan dia mendapatkan itu semua baik pada tingkat klub maupun internasional, dengan menjadi gelandang terbaik di dunia,” puji Mateo Kovacic.

Seperti halnya Inggris, Kroasia juga tak kekurangan stok pemain bagus. Salah satunya yang akan jadi ancaman serius lini belakang Inggris adalah gelandang serang Inter Milan Ivan Perisic.

Baca: Euro 2020: Pertandingan Dilanjutkan, Finlandia Menang, Denmark Kalah Terhormat

Ivan Perisic merupakan anggota skuad Kroasia yang paling sering terlibat dalam proses gol tim saat turnamen-turnamen besar, dengan tujuh gol dan 4 assist di Piala Dunia dan Euro.

Perkiraan Line Up Inggris vs Kroasia

Inggris 4-3-3: Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Tyrone Mings, Ben Chilwell; Kalvin Phillips, Declan Rice; Raheem Sterling, Mason Mount, Phil Foden; Harry Kane

Kroasia 4-1-4-1: Dominik Livakovic; Sime Vrsaljko, Duje Caleta-Car, Damogaj Vida, Josko Gvardiol; Marcelo Brozovic; Andrej Kramaric, Luka Modric, Mateo Kovacic, Ivan Perisic; Ante Rebic

Sesuai analisis UEFA, Inggris diperdiksi akan tampil menyerang sejak menit-menit awal untuk mendapatkan gol cepat.

Peluang itu terbuka, karena Inggris punya dua penyerang sayao yang cepat, Raheem Sterling dan Marcus Rashford.  

Opsi lainnya untuk mendapatkan gol cepat adalah penyerang sayap milik Borussia Dortmund, Jadon Sancho.  

Baca: Heboh, Presiden Ini Didenda karena Naik Motor Tanpa Masker di Tempat Umum

Menghadapi permainan terbuka lawan, Krosia diprediksi membangun sistem blok yang solid dan sekaligus serangan balik mematikan, dengan menaruh Ante Rebic sendirian di lini depan. 

“Kami tahu Inggris cepat sekali dan sangat agresif dalam serangan, tapi kami punya cara mengatasinya,” kata pelatih Kroasia, Zlatko Dalic. 

Masalah Kroasia adalah cederanya bek tengah senior Dejan Lovren. Penggantinya adalah Domagoj Vida dan Duje Caleta-Car akan diduetkan di jantung pertahanan. (*)



Tags: Euro 2020 Gareth Southgate hasil Euro 2020 Inggris jadwal bola jadwal Euro Stadion Wembley Stadion Wembley London

Baca juga