Presiden Brasil Jair Bolsonaro yang tampil tanpa masker di tempat umum, melambaikan tangan ketika tiba di Kota Sao Paulo bersama rombongan, Sabtu (12/6/2021).

THENEWSULSEL.COM, BRASIL - Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, kembali mengundang kontroversi mengenai penyebaran Covid-19.

Selama ini, Bolsonaro beberapa kali tampil di hadapan publik tanpa menggunakan masker, sehingga menjadi sorotan orang-orang yang khawatir mengenai ancaman virus corona. 

Kejadian terbaru, Sabtu (12/6/2021). Sang presiden dijatuhi hukuman denda gegara tidak memakai masker saat mengendarai sepeda motor sambil memimpin pendukung yang membawa kendaraan roda dua tersebut.

Aksi tanpa masker Bolsonaro bersama rombongan dilakukan jalan-jalan di Kota Sao Paulo. Padahal, di kota ini berlaku aturan wajib menggunakan masker.

Namun, Bolsonaro yang diikuti rombongan pendukungnya justru masuk Kota Sao Paulo tanpa menggunakan masker.  

Bahkan sebagian besar pendukung Bolsonaro meneriakkan bahwa masker tidak perlu lagi bagi orang-orang yang sudah divaksinasi. 

Namun, pemahaman mengenai mereka yang sudah menjalani vaksinasi sudah aman dari ancaman virus corona dibantah para ahli atau pakar kesehatan. 

Baca: Pria yang Tampar Presiden Perancis Emmanuel Macron Dihukum 4 Bulan Penjara, Simpatisan Rompi Kuning

Pemerintah Kota Sao Paolo memberlakukan hukuman denda sebesar 110 dolar AS bagi orang yang tidak menggunakan masker di tempat umum. Aturan ini sudah berlaku sejak Mei 2020.

Baca: Mendikbud Ajak Mahasiswa Daftar Program Kampus Mengajar Tahap II, Ini Syarat dan Caranya

Bolsonaro maupun juru bicara kantor kepresidenan Brasil belum memberi komentar mengenai denda yang diberikan kepada pemimpin Brasil itu. 

Bolsonaro juga pernah mendapatkan hukuman serupa karena tidak memakai  masker saat menghadiri acara bersama para pendukungnya Mei lalu di Maranhao, wilayah timur laut Brasil. (*)


Baca juga