Ilustrasi sekolah tatap muka atau pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19.

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Pemerintah bersiap menggelar sekolah tatap muka atau pembelajaran tatap muka (PTM) secara resmi mulai tahun ajaran baru 2021-2021 yakni Juli 2021. 

Sebelumnya, beberapa daerah/kota di Indonesia sudah melakukan uji coba sekolah tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Dalam arahannya awal pekan ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pembelajaran tatap muka secara terbatas Juli 2021 harus dilaksanakan dengan ekstra hati-hati. 

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin sesuai keterangan di laman Ruang Guru PAUD Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengatakan, Presiden Jokowi menekankan kebijakan sekolah tatap muka secara terbatas tetap menempatkan perlindungan keselamatan, kesehatan, dan orientasi berpusat pada peserta didik. 

Menurut Budi Gunadi, presiden meminta sekolah tatap muka wajib dilaksanakan secara terbatas. Salah satu aturannya, tidak boleh melebihi dua hari dalam seminggu. 

Aturan lainnya, jumlah murid atau pelajar yang hadir langsung di sekolah hanya boleh maksimal 25 persen dari total peserta didik. 

Waktu belajar setiap hari maksimal hanya dua jam dan opsi menghadirkan anak di sekolah ditentukan orangtua pelajar. 

“Semua guru harus selesai divaksinasi sebelum mulai. Jadi, mohon bantuannya kepada kepala daerah, prioritaskan guru karena harus sudah divaksinasi sebelum PTM,” tambahnya seperti termuat di laman Anggun Paud Kemendikbud Ristek, Selasa (8/6/2021). 

Baca: Lowongan Kerja Bank Syariah, Terima Lulusan S1-S2 Semua Jurusan

Sebelumnya, Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) juga meminta pembelajaran tatap muka pada Juli 2021 harus secara hati-hati.

Pertimbangannya, varian baru Covid-19 dengan penularan lebih cepat sudah banyak ditemukan di Indonesia. 

Menurut P2G, ada dua indikator mutlak sekolah bisa memulai pembelajaran tatap muka tTerbatas pada tahun ajaran baru Juli 2021 nanti.

Pertama, tuntasnya vaksinasi guru dan tenaga kependidikan (tendik).

Baca: Heboh, Presiden Perancis Emmanuel Macron Ditampar Warga, Lihat Videonya

Kedua, semua sekolah telah memenuhi daftar periksa kesiapan PTM Terbatas yang tidak dapat ditawar-tawar. 

Jika dua persyaratan mutlak ini belum terpenuhi, maka perpanjangan pembelajaran jarak jauh (PJJ) merupakan  opsi terbaik. 

Kabar baiknya, kata pengurus P2G Satriwan Salim, laporan dari jaringan P2G daerah menyebutka, vaksinasi guru dan tenaga pendidik terus berlangsung di daerah-daerah. (*)



Tags: belajar tatap muka Jokowi pembelajaran jarak jauh Presiden Jokowi sekolah tatap muka

Baca juga