Ade Resky Dwicahyo membela Azerbaijan di Olimpiade Tokyo 2020

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Pebulutangkis asli asal Indonesia, Ade Resky Dwicahyo, akan tampil pada Olimpide Tokyo 2020.

Sayangnya, Ade Resky Dwicahyo tidak akan membela tim merah putih di event bergengsi ini. Sang pemain meraih tiket ke olimpide sebagai wakil Azerbaijan.

Dalam empat tahun terakhir, Ade Resky memang membawa nama Azerbaijan. 

Dalam kariernya, pemain ini pernah menjadi anggota tim bulu tangkis junior Indonesia. Pernah membela Indonesia pada Kejuaraan Asia Junior dan Kejuaraan Dunia Junior pada 2016. 

Sejak 2018, pemain berusia 23 tahun ini menerima tawaran membela Azerbaijan. Alasannya, untuk memperbesar peluang tampil di turnamen-turnmen besar.

Menurut Ade, Indonesia merupakan gudang pebulutangkis berbakat. Dengan sendirinya, persaingan untuk tampil di event besar sangat ketat.

Bersama Azerbaijan, Ade mendapat kesempatan yang sangat luas untuk tampil di berbagai event dunia. Termasuk lolos ke olimpiade. 

Baca: Indonesia Tak Berdaya Hadapi Vietnam, Ada Gol, Skor Memalukan

Ia menambahkan, federasi bulutangkis Azerbaijan sangat serius berusaha mengembangkan olahraga bulutangkis ini. Saat ini, Ade menempati peringkat ke-80 dunia.

Sedangkan pada saat kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020, Ade berada di peringkat ke-69 dan lolos ke ajang olahraga multi event ini. 

Baca: Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli, Presiden Jokowi Beri 5 Instruksi, Salah Satunya Jumlah Siswa yang Hadir

Pada Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia meloloskan sembilan pemain.  Rinciannya, tiga pemain tunggal dan empat pasangan ganda. 

Pada tunggal putra, wakil Indonesia adalah Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Bukan mustahil, Ade bertemu dua pemain Indonesia ini di tunggal putra. (*)



Baca juga