Ilustrasi

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA - Memeringati Hari Lahir Pancasila tahun ini, Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar lomba Kreasi Lagu Pelajar Pancasila (Kerlap).

Tujuannya, menggali kreativitas para siswa dan mahasiswa untuk menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Pancasila.

“Lomba Kerlap merupakan sarana para siswa dan mahasiswa untuk membumikan nilai karakter yang tertulis dalam lirik lagu Pelajar Pancasila dari setiap hasil karya mereka,” kata Kepala Pusat Penguatan Karakter, Kemendikbudristek Hendraman, dalam keterangan tertulis, Selasa (1/6/2021).

Hendarman menjelaskan, lagu ciptaan Eka Gustiwana yang dinyanyikan oleh Kikan itu adalah karya yang lahir sebagai wujud nyata generasi muda untuk mengharumkan nama bangsa.

“Mari kita berpartisipasi mengikuti lomba Kerlap sebagai ajang menampilkan kreativitas dan mengasah rasa cinta kita terhadap Pancasila, dasar negara kita,” tambahnya.

Kategori Lomba 

Lomba Kerlap terdiri dari berbagai kategori yakni lomba gerak lagu untuk jenjang PAUD, PAUDLB, RA, SILN jenjang PAUD.

Lomba cover lagu untuk jenjang SD, MI, SDLB, SMP, MTs, SMPLB, SMA, MA, SMALB, SMK, SMKLB/sederajat, SILN dan perguruan tinggi (PT).

Baca: Indonesia tidak Masuk Daftar Negara Diizinkan Masuk Arab Saudi, Begini Tanggapan Menteri Agama

Ada pula lomba video klip animasi untuk jenjang SMA, MA, SMALB, SMK, SMKLB/sederajat, SILN SMA, dan perguruan tinggi (PT). 

Lomba cover lagu kategori band untuk jenjang SMA/MA/SMALB/SMK/SMKLB, SILN dan perguruan tinggi.

Kemudian lomba musik duet TikTok untuk jenjang SMP sederajat, SMA/SMK sederajat, dan perguruan tinggi.

Baca: Lowongan Kerja Astra Honda Motor, Terima Lulusan S1 dan Mahasiswa Semester Akhir

Lomba ini memperebutkan hadiah uang tunai yang totalnya Rp 200 juta dan sertifikat elektronik.

Persyaratan dan Cara Daftar 

Lomba Kerlap berlangsung bulan Juni 2021. Batas akhir pengiriman karya pada 30 Juni 2021. Sedangkan pengumuman pemenang lomba pada 10 Juli 2021.

Informasi mengenai syarat dan ketentuan lomba dapat diperoleh di laman resmi Puspeka Kemendikbud yakni  https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id.

Pendaftaran dilakukan melalui bit.ly/kerlap2021. Anda juga dapat mencari informasi melalui nara hubung Tika (08111388940) dan Echi (085697777058). (*)


Tags: Kemendikbud

Baca juga