Tim PKM Unismuh Makassar melaksanakan pelatihan penyelenggaraan jenazah di Kostrad TNI Kariango, Kabupaten Maros, Kamis (27/5/2021).

THENEWSULSEL.COM, MAROS - Civitas akademika kampus yang tergabung dalam Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Unismuh Makassar menggelar pelatihan penyelenggaraan jenazah di Kostrad TNI Kariango, Kabupaten Maros, Kamis (27/5/2021).

Informasi ini disampaikan Ketua Tim PKM Unismuh Makassar Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah di Kostrad TNI Kariango, Ustad Amin Umar S.Pd.I, M.Pd.I.

Dijelaskan, Tim PKM Unismuh 2021 yang menggelar pelatihan yakni Ustaz Amin Umar S.Pd.I, M.Pd.I, Dr. Dahlan Lama Bawa, M.Ag, Dr. Hasriani S.Pd, M.Pd, Nur Riswandi Marsuki, S.Sos, M.Si, dan Sitti Satriani, Is,Pd.I, M.Pd.I.

Pada pelatihan itu Ustaz Amin menekankan, terkadang manusia luput bahwa kematian itu rahasia Allah SWT. Sehingga lupa mempelajari bagaimana mengurus jenazah sesuai ajaran agama.

Selaku pemateri dijelaskan prosesi mengurus jenazah, mulai dari ciri-ciri orang akan meninggal dunia, cara memandikan, mengkafani, sampai mengantar ke pemakaman. 

Pada kesempatan itu dijelaskan arti penting memilih air bersih yang perlu diperhatikan untuk memandikan jenazah. 

“Kita harus menggunakan air bersih sama halnya ketika hendak berwudhu dalam salat,” jelas mahasiswa S3 Pendidikan Agama Islam PPs-Unismuh Makassar ini. 

Baca: Jamaah Haji 2021 Dibatasi 60 Ribu, Berapa Jatah Indonesia, Begini Penjelasan Kemenag

Ustaz Amin juga mengingatkan untuk menghindari perilaku tidak terpuji ketika mengantar jenazah dari rumah sakit ke rumah duka. Atau dari rumah duka ke pemakaman.

Sebab, dalam pengalaman keseharian, kadang-kadang ada oknum pengantar jenazah yang bersikap berlebihan ketika membuka jalan. 

Pemateri kedua, Dahlan Lama Bawa yang menjelaskan perlunya mengantisipasi utang piutang jenazah. Mungkin ada catatan, atau bagi prajurit TNI yang bertugas, perlu melakukan komunikasi kepada istri dan keluarganya soal kemungkinan ada utang piutang di tempat tugasnya.

“Perlu memperhatikan utang-piutang, karena orang yang meninggal akan sengsara di dalam kubur jika masih terdapat utang yang belum terbayarkan semasa hidupnya,” katanya. 

Baca: Ini Lokasi di Indonesia yang Sudah Dapat Jaringan 5G Telkomsel, Termasuk di Makassar?

Anggota Tim PKM Unismuh lainnya, Sitti Satriani di acara pembukaan menekankan, seorang dosen selain melakukan proses pembelajaran dan penelitian di dalam dan di luar kelas, juga harus melakukan pengabdian kepada masyarakat dan penerapan Al-Islam Kemuhammadiyahan di tengah masyarakat. 

Pelatihan yang dilaksanakan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat dan penerapan Al-Islam Kemuhammadiyahaan. 

Para anggota TNI antusisas mengikuti proses pelatihan. Pada saat praktik penyelenggaraan jenazah misalnya, beberapa peserta turut langsung mempraktikkan materi yang diperoleh selama satu hari pelatihan. (*)



Tags: Unismuh Makassar

Baca juga