Sergio Ramos, bintang Real Madrid yang juga kapten timnas Spanyol, tak masuk skuad untuk Piala Eropa 2020.

THENEWSULSEL.COM, SPANYOL - Pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique, Senin (24/5/2021), merilis 24 pemain yang akan membela Tim Matador pada Euro atau Piala Eropa 2020.

Euro 2020 mestinya dihelat tahun 2020 lalu, namun diundur setahun karena pandemi Covid-19. Rencananya, digelar pada Juni 2021 mendatang. 

Luis Enrique yang mantan bintang Barcelona membuat keputusan mengejutkan, karena tidak memanggil satu pun pemain Real Madrid.

Padahal, pelatih-pelatih timnas Spanyol sebelumnya, lazimnya mengandalkan pemain Real Madrid. 

Diantara bintang Real Madrid yang tidak masuk daftar adalah bek tengah Sergio Ramos. Pada beberapa tahun terakhir, Sergio Ramos memegang ban kapten timnas Spanyol.  

Menurut situs berita Marca, ini merupakan pertama kali timnas Spanyol mengikuti turnamen besar tanpa diperkuat satu pun pemain Real Madrid.

Selain Sergio Ramos, Luis Enrique juga tidak memanggil bintang Real Madrid lainnya yakni Isco, Nacho Fernandez, Dani Carvajal, dan Marco Asensio.

Baca: Pamit dari PSM Makassar, Patrich Wanggai Gabung Klub Liga 2 Milik Raffi Ahmad

Sang pelatih justru memanggil bek Manchester City, Aymeric Laporte yang baru saja resmi menjadi warga negara Spanyol.

Aymeric Laporte merupakan pemain keturunan Prancis. Pemain ini pernah membela klub Liga Spanyol, Athletic Bilbao selama delapan tahun. 

Luis Enrique juga tidak memanggil kiper termahal dunia milik Chelsea, Kepa Arrizbalaga dan gelandang andalan Atletico Madrid, Saul Niguez.

Di lini depan, tidak ada nama striker Celta Vigo, Iago Aspas. Padahal, musim ini, Iago Aspas sukses mencetak 14 gol dan 13 assist dari total 33 penampilan di Liga Spanyol. 

Baca: Guru, Dosen Hingga Pensiunan PNS tidak Perlu Bayar Pajak Bumi dan Bangunan

Baca: Arab Saudi Gelar Haji 2021, Indonesia Sudah Cek Hotel di Madinah dan Mekkah, Berapa Besar ONH?

Catatan itu membuat Iago Aspas yang pernah berseragam Liverpool menjadi raja assist Liga Spanyol musim 2020-2021. 

Untuk mengisi lini belakang dan tengah, Luis Enrique memanggil dua pemain senior Barcelona, Jordi Alba dan Sergio Busquets, yang sudah berusia 32 tahun. 

‘Wakil’ Barcelona lainnya di timnas Spanyol adalah pemain muda Pedri, yang baru berusia 18 tahun. 

Setelah namanya tak masuk daftar, Sergio Ramos mengungkapkan kekecewaannya melalui media sosial (medsos).

Dalam akun Twitter, Sergio Ramos mengemukakan, sudah berjuang setiap hari untuk betul-betul bugar demi membantu Real Madrid dan timnas Spanyol.

Namun, tidak berjalan sesuai harapan. Ramos yang dibekap cedera sejak Januari 2021, lebih banyak duduk di bangku cadangan Real Madrid. 

Di Piala Eropa 2021, timnas Spanyol berada di Grup E bersama Polandia, Swedia, dan Slovakia. 

Daftar 24 Pemain Timnas Spanyol 

Kiper: Unai Simon (Athletic Bilbao), David de Gea (Manchester United), Robert Sanchez (Brighton & Hove Albion) 

Bek: Jose Gaya (Valencia), Jordi Alba (Barcelona), Pau Torres (Villarreal), Aymeric Laporte (Manchester City), Eric Garcia (Manchester City), Cesar Azpilicueta (Chelsea), Diego Llorente (Leeds United). 



Baca juga