Ilustrasi mesin ATM

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA  - Ada kabar baru untuk nasabah bank-bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Bank-bank milik pemerintah ini akan melakukan penyesuaian tarif transaksi tarik tunai dan cek saldo di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) Link. 

Sesuai situs resmi, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, transaksi tarik tunai dan cek saldo yang dilakukan di ATM Himbara berbeda atau ATM Link Aja, akan dikenakan biaya mulai 1 Juni 2021. 

Keempat bank BUMN ini mematok biaya yang sama untuk transaksi cek saldo sebesar Rp 2.500 dan tarik tunai Rp 5.000 di mesin ATM Himbara yang berbeda dan ATM Link, dari semula Rp 0 atau gratis. 

Artinya, jika ingin melakukan transaksi cek saldo dan tarik tunai di ATM Bank Mandiri dengan menggunakan kartu debit BRI misalnya, tidak lagi gratis seperti selama ini.

Baca: Seleksi CPNS Kejaksaan: Terbuka 4.148 Formasi, Tak Hanya untuk Sarjana Hukum, Ini Cara Daftar

"Dalam rangka mendukung kenyamanan nasabah bertransaksi maka setiap transaksi cek saldo dan tarik tunai kartu BRI di ATM Bank Himbara atau ATM dengan tampilan ATM Link akan dikenakan biaya," tulis  BRI dalam situs resminya, Kamis (20/5/2021), seperti dikutip dari kompas.com. 

"Biaya transaksi ini akan didebet langsung dari rekening nasabah pada saat nasabah melakukan transaksi," tambahnya. 

Baca: Yamaha Motor Buka Banyak Lowongan Kerja untuk D3-S1, Termasuk Perawat dan Sarjana Hukum

Baca: Seleksi Guru PPPK 2021: Pendaftaran 31 Mei, Ini Formasi dan Syaratnya

Sedangkan biaya untuk transaksi transfer, biaya antar bank melalui ATM Himbara atau ATM Linnk yang dipatok oleh keempat bank BUMN itu tidak berubah yakni Rp 4.000.

Begitu juga biaya transaksi selain menggunakan ATM Himbara atau ATM Link tidak mengalami perubahan, yakni cek saldo Rp 4.000, tarik tunai Rp 7.500, dan transfer Rp 6.500. (*)



Tags: 4 Bank BUMN Anjungan Tunai Mandiri ATM ATM Link Bank BNI Bank BTN Bank BUMN bank Mandiri BTN cek saldo tarik tunai

Baca juga