Pelatih Barcelona Ronald Koeman

THENEWSULSEL.COM, SPANYOL -  Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, dikabarkan segera dipecat pada akhir musim ini, setelah El Barca gagal juara Liga Spanyol 2020-2021.

Selain di Liga Spanyol 2020-2021, Barcelona juga gagal mengangkat trofi juara Liga Champions musim ini, setelah disingkirkan oleh Paris Saint-Germain (PSG) di babak 16 besar. 

Isu pemecatan Ronald Koeman pertama kali disiarkan oleh salah satu media Spanyol, RAC1, beberapa saat  setelah Barcelona dipastikan gagal menjadi juara Liga Spanyol, Minggu (16/5/2021). 

Barcelona dipastikan gagal ikut bersaing dalam perebutan juara Liga Spanyol 2020-2021, setelah kalah 1-2 lawan Celta Vigo di kandang sendiri, Minggu (16/5). 

Perebutan juara kini hanya melibatkan dua tim sekota, Atletico Madrid dan Real Madrid. Penentuan juara akan berlangsung pada laga terakhir musim ini atau pekan ke-38. 

RAC1 memberitakan, persentase Barcelona memecat Ronald Koeman akhir musim ini sudah mencapai 99 persen. 

Baca: Beasiswa IISMA: Kemendikbud-LPDP Cari 1.000 Mahasiswa S1 untuk Kuliah Satu Semester di Luar Negeri

Manajemen Barcelona dikabarkan tidak peduli dengan kontrak Ronald Koeman yang sebenarnya masih tersisa satu tahun atau  akan berakhir pada Juni 2022. 

Sebenarnya, pekan lalu, Ronald Koeman dan Presiden Barcelona, Joan Laporta, dikabarkan sudah bertemu membicarakan proyek masa depan klub. 

Namun, belakangan Juan Laporta dikabarkan berubah pikiran dan ingin merombak jajaran kepelatihan.   

Media lainnya, Mundo Deportivo memberi kabar serupa. Menurut Mundo, Ronald Koeman hanya bisa bertahan di Barcelona jika manajemen klub tidak mendapatkan pengganti yang pas. 

Baca: SiCepat Buka Banyak Lowongan Kerja untuk Lulusan D3-S1, Terima Fresh Graduate

Seiring rumor pemecatan Ronald Koeman, kini mengemuka beberapa nama yang digadang-gadang akan jadi pengganti.

Salah satu nama yang mengemuka adalah Xavi Hernandez. Mantan kapten Barcelona ini sekarang berkarier jadi pelatih di klub Al-Sadd.

Nama lainnya adalah Garcia Pimienta (Barcelona B), Erik Ten Hag (Ajax Amsterdam) dan Hansi Flick (Bayern Muenchen). 

Dari empat figure ini, Xavi Hernadez dan Garcia Pimienta menjadi kandidat terkuat. Karena, keduanya sudah mengetahui seluk beluk Barcelona sebagai tim. 

Garcia Pimienta merupakan mantan pemain produk akademi Barcelona. Setelah pensiun pada 2004, Garcia Pimienta bekerja di tim muda Barcelona sebagai pelatih hingga saat ini. 

Sedangkan  Xavi Hernandez merupakan legenda hidup Barcelona yang pernah 17 tahun berseragam El Barca. (*)



Tags: Atletico Madrid Barcelona klasemen Liga Spanyol Liga Spanyol Lionel Messi Real Madrid Ronald Koeman timnas Belanda

Baca juga