AGH KH Sanusi Baco

MAKASSAR, THENEWSULSEL.COM- Jenazah ulama kharismatik yang bergelar Anre Gurutta KH Sanusi Baco akan dimakamkan di tanah kelahirannya, Minggu, 16 Mei 2021 ba'da Dhuhur

Sanusi, begitu panggilan akrab Anre Gurutta, lahir tanggal 3 April 1937, di Talawe, Panjallingang, sebuah kampung di Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Rencananya, shalat jenazah akan dilakukan di Masjid Raya Makassar. Setelah itu, langsung dibawa ke pemakaman di Talawe, Bontoa, Maros.

Anre Gurutta KH Sanusi Baco  meninggal dunia pukul 20.14, Sabtu (15/5/2021).

AGH Sanusi Baco meninggal setelah menjalani perawatan karena sakit di RS Awal Bros, Makassar.

Sanusi, begitu panggilan akrab Anre Gurutta, merupakan anak kedua dari enam bersaudara.

Orang tuanya membimbingnya untuk belajar ilmu agama di pesantren yang ada di kampungnya. Anre Gurutta lalu melanjutkan pendidikannya di Sekolah Rakyat di Maros, di masa pemerintahan Jepang.

Kemudian tahun 1948, AGH Sanusi Baco dikirim oleh orang tuanya ke Makassar untuk belajar di Darut Dakwah wal Irsyad (DDI) untuk memperdalam ilmu agamanya.

Sanusi dibekali ilmu fikih, tauhid, tafsir dan hadits-hadits. Selepas belajar di Pesantren Mangkoso, AGH Sanusi Baco melanjutkan pendidikannya di Universitas Muslim Indonesia dan meraih gelar BA.


Baca juga