AGH KH Sanusi Baco, Lc

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR – Kabar duka datang dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel. Ulama kharismatik Sulsel, AGH KH Sanusi Baco, Lc yang juga Ketua MUI Sulsel berpulang, Sabtu (15/5/2021) malam. 

Diperoleh informasi, AGH Sanusi Baco, Lc menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit (RS) Primaya (eks RS Awal Bros), Jl Urip Sumoharjo, Kota Makassar, pukul 20.08 Wita.

Kabar duka ini menyebar cepat melalui media sosial (medsos). Terutama melalui grup-grup aplikasi berbagi pesan WhatsApp. 

Jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka Jl Kelapa 3, Kota Makassar. Almarhum berpulang dalam usia 84 tahun. 

AGH Sanusi Baco, Lc merupakan salah satu ulama kharismatik di Sulsel, bahkan Indonesia. 

Semasa hidupnya, almarhum mendapat gelar Anre Gurutta Haji (AGH). Sebuah gelar bagi ulama di Sulawesi Selatan.

Penyebutan Anre Gurutta atau Anregurutta tidak dipakai secara umum kepada seseorang yang dianggap sebagai ulama. Hanya dipakai kepada ulama/ustadz dalam lingkup pesantren.  

Anre Gurutta merupakan pengakuan dari masyarakat karena ketinggian ilmu, pengabdian, dan jasanya dalam dakwah. Bukan gelar akademik. 

AGH Sanusi Baco lahir di Kabupaten Maros, 4 April 1937. Putra kedua dari enam bersaudara.

Ketika remaja, ia menghabiskan waktunya untuk mendalami agama di Pondok Pesantren (Ponpes) Darud Da'wah Wal Irsyad (DDI) Mangkoso, Barru.

Setelah itu, ia pindah ke Kota Makassar setelah menamatkan sekolah Aliyah. Ketika itu, mengajar pelajaran agama di beberapa tempat. 

Ia meraih gelar sarjana muda (BA) di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar. Kemudian mendapat beasiswa kuliah di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir dari Departemen Agama (sekarang Kementerian Agama) Republik Indonesia.

Setelah menyelesaikan pendidikan di Mesir, ia kembali ke Makassar dan mengajar di beberapa perguruan tinggi. Sekaligus aktif berdakwah. (*)



Baca juga