Ilustrasi: Melihat hilal

MAKASSAR,THENEWSULSEL.COM – Hasil pemantauan Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel, di Rooftop, Lantai 4 GTC, Makassar, Selasa (11/5/2021) pukul 17.55 Wita, belum melihat hilal.

Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, KH Khaeroni menyebut, hilal atau bulan baru saat ini belum terlihat, ketinggiannya masih sekitar -4 derajat.

"Berdasarkan pengamatan kami sore ini pukul 17.57 wita, hilal belum terlihat. Masih minus," ujarnya, Khaeroni. Hitungan Kemenag, jika hilal masih di posisi ketinggian -4 derajat.

Maka kemunculan bulan baru masih membutuhkan waktu sekitar 9 jam. "Hitungan kita baru akan terlihat pada Rabu 12 Mei, pukul 02.00 wita," jelasnya.

Adapun pengamatan dilakukan dengan memanfaatkan teleskop yang dihubungkan dengan komputer dan kamera serta dipadukan dengan teknologi informasi.

Terkait dengan penetapan 1 Syawal 1442 Hijriah, mengacu pada terlihatnya hilal pada Rabu 12 Mei.

"Hari ini hilal belum terlihat, prediksi kita baru besok. Kemungkinan lebaran baru hari Kamis tanggal 13 Mei," tegas Kepala Kakanwil Kemenag Sulsel, KH. Khaeroni.

Kendati demikian, Kanwil Kemenag Sulsel akan terus melakukan pemantauan pada esok hari.

Hal itu untuk memastikan dan menetapkan bahwa hilal sudah terlihat bersambut bulan baru 1 Syawal 1442 Hijriah.

Dijelaskan KH. Khaeroni, perlu untuk diketahui bahwa dalam kalender Hijriah, sebuah hari diawali sejak terbenamnya matahari waktu setempat bukan saat tengah malam.


Tags: 1 Syawal 1442 H Idul Firti 1442 H Idul Fitri Lebaran 1442 H Lebaran 2021 M

Baca juga