Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSI) mendapat dana hibah dari Kemendikbud Ristek.

THENEWSULSEL.COM, SINJAI - Tiga program studi (prodi) Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSI) mendapat hibah kerjasama kurikulum dan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

Tiga prodi tersebut adalah Administrasi Publik, Peternakan, dan Agroteknologi.

Ini merupakan tahun kedua UMSI mendapat hibah serup,a setelah tahun lalu menyabet Hibah Kurikulum dari prodi Ilmu Pemerintahan dan Manajemen Sumber Daya Perairan. 

Selain itu, dosen Prodi Peternakan mendapat hibah penelitian Rp 200 juta dan hibah pengabdian skema kompetitif nasional. 

Para mahasiswa juga tidak kalah bersemangat dalam rangka pengembangan diri, hal ini dibuktikan dengan raihan hibah Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) oleh tiga tim perwakilan UMSI. 

Meliputi Prodi Peternakan dengan judul Abang Nikah (Abon Dangke Nikmat dan Sehat), Prodi Agroteknologi dengan judul Coffee Street, dan Prodi Managemen Sumber Daya Perairan dengan judul Alma Olshop. 

Baca: Tahun Ini, Kemungkinan Arab Saudi Melarang Haji bagi Jamaah dari Luar Negeri

Baca: Manchester United vs Villareal di Final Liga Europa 2021

Selain dalam KBMI, dua tim perwakilan UMSI yang berkompetisi di Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang dilaksanakan oleh Kemendikbud Ristek, yaitu mahasiswa Prodi Agroteknologi dengan judul Garskin Organic Face Mask dan mahasiswa Prodi Peternakan dengan judul Petir (Penis Tiruan) sebagai Alat Inseminasi Buatan yang Praktis. 

Pihak universitas mengaku sangat bangga atas raihan para dosen dan mahasiswa ini, karena UMSI baru akan berusia setahun pada tanggal 8 Mei mendatang, namun sudah bisa bersaing dengan Perguruan Tinggi lain di kancah nasional.

“Rahasia di balik raihan kami ini adalah komitmen untuk maju bersama dan insya Allah menjadi stimulus motivasi bagi para dosen dan mahasiswa lainnya untuk ikut di ajang hibah kemendikbud ristek lainnya,” kata Azmi Mangalisu,S.Pt., M.Si selaku salah satu penerima hibah dari Prodi Peternakan pada media.  

“Harapan kami, UMSI kedepannya bisa mendapat lebih banyak lagi hibah dan juga terus berkembang demi mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Rektor UMSI, Dr. Umar Congge, S.Sos., M.Si.

UMSI masih membuka pendaftaran bagi para calon mahasiswa baru hingga tanggal 10 Agustus 2021. Prodi yang ditawarkan yakni peternakan, agroteknologi, manajemen sumberdaya perairan, agribisnis, rekayasa perancangan mekanik, ilmu pemerintahan, dan administrasi publik. (*)



Tags: dana hibah hibah hibah kemendikbud Rektor UMSI UMSI Universitas Muhammadiyah Sinjai

Baca juga