Mantan bek PSM Makassar Asnawi Mangkualam Bahar (kiri) latihan bersama tim Ansan Greeners di Korea Selatan. (foto: G-Sports)

THENEWSULSEL.COM, KOREA  - Asnawi Mangkualam Bahar, mantan pemain PSM Makassar yang kini berkarier di Liga 2 Korea (K-League), dikabarkan menderita cedera hamstring.

Padahal, Asnawi yang kini membela klub Ansan Greeners termasuk salah satu pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk ikut TC tim nasional (timnas) senior.

Situasi ini dapat menjadi kendala bagi Asnawi untuk ikut bergabung dalam pemusatan latihan timnas yang direncanakan di Jakarta dan Dubai, Uni Emirat Arab.

TC Timnas senior ini untuk persiapan menghadapi laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G.. 

Pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, timnas merah putih masih menyisakan tiga laga yang dipusatkan di Uni Emirat Arab.

Timnas Indonesia tidak punya peluang lagi di ajang ini, setelah kalah terus pada lima laga sebelumnya. Ketika itu, timnas belum dilatih Shin Tae-yong.

Baca: Jadwal Semifinal Liga Champions: Prakiraan Line Up Man City vs PSG, Mbappe dan Aguero Cadangan

Baca: Inilah 8 Kawasan di Indonesia Boleh Mudik Lokal 6-17 Mei 2021, Termasuk di Sulsel

Namun,  Shin Tae-yong tetap menyiapkan tim secara maksimal untuk mendapatkan poin pada tiga laga tersisa. 

TC di Jakarta dijadwalkan 1-9 Mei 2021, sedangkan TC di Dubai akan digelar mulai 10 Mei hingga Kualifikasi Piala Dunia 2022, Juni mendatang. 

Asnawi merupakan salah satu dari tujuh pemain Indonesia di luar negeri yang mendapat panggilan. 

Enam pemain lainnya yang berkarier di luar negeri dan mendapat panggilan adalah Yanto Basna, Ryuji Utomo, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, dan Elkan Baggott. 

Baca: Lowongan Kerja Perusahaan Besar untuk Lulusan D3, D4, dan S1 Berbagai Jurusan

Asnawi dilaporkan cedera ketika membela Ansan Greeners. Hal itu telah dikonfirmasi oleh pelatih Ansan Greeners, Kim Gil-sik, setelah laga lawan Seoul E-Land, Minggu (2/5/2021). 

Sports-G memberitakan, pelatih menyampaikan, Asnawi cedera hamstring dan digantikan di babak kedua. 

Pada sesi jumpa pers, Asnawi membenarkan cedera hamstring dan harus istirahat dua pekan. Artinya, baru bisa gabung timnas saat TC di Dubai. 

Ia menambahkan, masih menunggu konfirmasi dari pelatih Shin Tae-yong. (*) 


Tags: Asnawi Mangkualam Bahar

Baca juga