PSM Makassar vs Persija Jakarta

THENEWSULSEL.COM, SOLO – PSM Makassar akan menjamu Persija Jakarta pada leg kedua semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (18/4/2021) malam WIB.

Laga akan berlangsung mulai pukul 20.30 WIB dan rencananya live di Indosiar.  

Pada leg pertama, kedua tim bermain imbang 0-0. Artinya, peluang kedua tim lolos ke semifinal sama besarnya. 

Menghadapi leg kedua, pelatih PSM Syamsuddin Batola menginginkan tim asuhannya mampu mencetak gol cepat. Hal ini sangat penting untuk kepercayaan diri pemain. 

Karena itu, pemain harus memaksimalkan setiap peluang menjadi gol. Sebab di leg pertama lalu, pemain PSM membuang sedikitnya tiga peluang emas.

Untuk mencetak gol cepat, PSM berharap banyak pada kemampuan trio penyerang yang kemungkinan diisi Saldy, Eka Rizky, dan Yakob Sayuri.

Baca: Jadwal MotoGP Portugal 2021: Quartararo Start Terdepan, Marquez Siap Mengancam

Baca: Puluhan Lowongan Kerja di Lembaga Penjamin Simpanan, Ini Syarat dan Cara Mendaftar

Opsi lainnya di lini depan adalah dua pemain senior, Zulham Zamrun dan Patrich Wanggai.

Trio penyerang PSM ini akan ditopang gelandang enerjik M Arfan, Sutanto Tan, dan Rasyid Bakrie.

Pada leg pertama, tiga pemain lokal ini mampu mengimbangi barisan gelandang Persija yang mengandalkan Marc Klok dan Rohit Chand.

Di lini belakang, Syamsuddin Batola juga kemungkinan besar tetap mempertahankan bek tengah Hasyim Kipuw dan Erwin Gutawa yang sebelumnya bermain tanpa kompromi menjaga Marco Simic.  

Baca: Penerimaan Dosen di Perguruan Tinggi Negeri, Terima Lulusan S2, Lihat Persyaratan

Bek sayap mengandalkan pemain senior Zulkifli Syukur dan Abd Rachman. Keduanya punya tugas berat meredam kecepatan penyerang sayap Persija, Osvaldo Haay, Riko Simanjuntak, atau Ramdani Lestaluhu.

Salah satu kekhawatiran Syamsuddin Batola adalah kebugaran pemain, karena masa recovery relatif pendek.

Padahal, butuh stamina yang betul-betul prima untuk meladeni Persija yang dihuni pemain-pemain bintang, asing maupun lokal. 

Sedangkan pelatih Persija Sudirman, seperti dilansir laman Liga Indonesia Baru mengemukakan, sudah meminta pemainnya mampu menjaga emosi.

Menurutnya, jika pemain terbawa emosi permainan keras lawan, maka akibatnya justru fatal. Pemain tidak fokus memenangkan pertandingan.

“Saya sebagai pelatih sudah meminta kepada pemain, kita boleh panas tetapi pikiran harus fokus untuk bermain bola dan memenangkan pertandingan. Dengan fokus, tentunya bisa menjalankan instruksi dari saya dengan baik,” katanya. 

Pada laga ini, Persija tak akan diperkuat bek tangguh Marco Motta yang mendapat kartu merah di leg pertama. 

Jika laga berakhir imbang lagi pada waktu normal 90 menit, maka pemenang akan ditentukan melalui adu penalty. (*) 

Prediksi Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3) : Hilman Syah; Zulkifli Syukur, Erwin Gutawa, Hasim Kipuw, Abdul Rachman; Sutanto Tan, M Arfan, Rasyid Bakri; Yakob Sayuri, Eka Rizky, Saldy.

Pelatih: Syamsuddin Batolla

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa; Alfriyanto Nico, Yann Motta, Otavio Dutra, Novri Setiawan; Rohit Chand, Tony Sucipto, Marc Klok; Heru Susanto, Marko Simic, Osvaldo Haay.

Pelatih: Sudirman.



Tags: jadwal Piala Menpora Pemain PSM Persija Persija Jakarta Piala Menpora Piala Menpora 2021 PSM Makassar semifinal Syamsuddin Batola

Baca juga