logo PSM Makassar

THENEWSULSEL.COM, MALANG – PSM Makassar melangkah ke semifinal Piala Menpora 2021 setelah menang adu penalti 4-2 lawan PSIS Semarang.

Pada laga perempat final di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (9/4/2021) malam WIB, kedua tim bermain 0-0 pada waktu normal 90 menit. Laga langsung diakhiri dengan adu penalti.

Pada adu penalti, kiper PSM Hilman Syah menjadi bintang setelah menahan sepakan dua eksekutor PSIS, Pratama Arhan dan kapten tim Hari Nur Yulianto.

Pada sesi jumpa pers melalui zoom, pelatih PSM Syamsuddin Batola tidak sungkan memuji ketenangan Hilman Syah di bawah mistar gawang PSM. 

Menurut Syamsuddin Batola, keberhasilan Hilman Syah menepis tendangan Pratama Arhan yang menjadi penendang pertama, membantu mengangkat moral pemain PSM yang ditunjuk sebagai algojo penalti.

Hasilnya, empat eksekutor penalti PSM semuanya sukses menjebol gawang PSIS yang dijaga Jandia Eka Putra. 

Baca: El Clasico Real Madrid vs Barcelona: Benzema Tak Sabar, Pemain Muda Barca Penasaran

Baca: Lowongan Kerja Adaro Energy untuk Sarjana Hukum, Akuntansi, dan Teknik

Eksekutor kelima PSM dan PSIS tidak lagi menendang, karena hasilnya tidak lagi berpengaruh pada skor 4-2.

“Hilman Syah percaya diri dan mampu membaca kemana arah bola. Dia bisa menggagalkan dua kali. Itu mengangkat moral pemain kami yang belum menendang,” kata Syamsuddin Batola.

Syamsuddin Batola yang mantan bek tangguh PSM bersyukur timnya bisa melangkah jauh ke semifinal, sebab mereka bukan tim unggulan.

PSM ikut turnamen Piala Menpora dengan 100 persen pemain lokal. PSM juga tidak dihuni banyak bintang, seperti tim-tim lainnya.  

Baca: Hasil Piala Menpora: Drama Adu Penalti, PSM Makassar ke Semifinal, Kiper jadi Bintang

Mengenai penampilannya lawan PSIS, Syamsuddin Batola mengungkapkan, di akhir babak kedua sengaja menginstruksikan pemainnya lebih fokus bertahan.

Alasannya, hujan deras yang mengguyur akan menyulitkan pemain melancarkan serangan ke gawang lawan. 

Kapten PSM Zulkifli Syukur menambahkan, kemenangan ini merupakan hasil kerja keras tim. 

Di semifinal, PSM Makassar akan menghadapi pemenang laga perempat final antara Persija Jakarta vs Barito Putera, Sabtu (10/4/2021) hari ini, di Stadion Kanjuruhan Malang.

Persija yang bertabur pemain bintang, lebih difavoritkan lawan Barito Putra. Artinya, PSM berpeluang jumpa laga dengan Persija Jakarta.

Sebelumnya, PSM sudah pernah menjajal Persija di penyisihan Grup B. Ketika itu, PSM menang 2-0 melalui gol Patrich Wanggai dan Yakob Sayuri. (*)



Tags: jadwal Piala Menpora Pemain PSM perempat final Persija Persija Jakarta Piala Menpora Piala Menpora 2021 PSM Makassar

Baca juga