ilustrasi uang

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Sejak pandemi Covid-19, pemerintah mengucurkan beragam bantuan untuk membantu perekonomian warga.

Kabar baiknya, setelah pemerintah gencar melaksanakan vaksinasi dan angka harian positif Covid-19 mulai menurun, empat bantuan dari pemerintah pusat tetap cair pada April 2021 ini. 

Bantuan itu menyasar pelaku UMKM, karyawan, program prakerja, guru honorer, dan korban pemutusan hubungan kerja (PHK). 

Ada beberapa wujud bantuan pada April 2021 ini. Antara lain uang tunai, sembako, dan pelatihan untuk meningkatkan skill. 

Empat bantuan itu sebagai berikut: 

1. BLT UMKM 

Pemerintah melanjutkan program Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM pada 2021.

Namun, berbeda dibandinglan tahun 2020 lalu, besaran bantuan yang didapatkan Rp 1,2 juta secara sekaligus dan ditransfer langsung ke rekening penerima. 

Baca: Penerimaan Anggota Polri 2021 Diperpanjang, untuk Lulusan SMA Sederajat, Begini Cara Daftar

Baca: Piala Menpora 2021: PSM Makassar Tantang PSIS di Perempat Final, Ini Jadwal Lengkap Pertandingan

Hal ini sesuai Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 2 Tahun 2021. 

Bantuan ini untuk pelaku usaha mikro yang belum pernah menerima dana BPUM atau telah menerima dana BPUM tahun anggaran sebelumnya. 

2. Subsidi Listrik  

Subsidi listrik kali ini berupa diskon tarif listrik dengan besaran yang berbeda pada setiap golongan. Sebelumnya, bantuan berupa gratis tagihan bulanan dan diskon 50 persen. 

Kebijakan diskon ini berlaku pada periode April-Juni 2021.  

Baca: Lowongan Magang Mahasiswa di Petrokimia Gresik, Terima Tunjangan Rp 3,5 Juta

Bagi pelanggan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA, dan industri kecil daya 450 VA, besaran diskon tarif listrik 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala. 

Untuk pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi, dapat diskon 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala. 

Pelanggan industri, bisnis, dan sosial akan mendapatkan pembebasan biaya atau abonemen dan pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen. 

3 Kartu Prakerja Program 

Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja untuk pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK, dan pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. 

Penerima Kartu Prakerja akan memeroleh Rp 3.550.000 selama menjalani program ini. Rinciannya, biaya bantuan pelatihan Rp 1.000.000 yang tak bisa dicairkan (hanya untuk biaya pelatihan). 

Kemudian insentif penuntasan pelatihan Rp 600.000 per bulan selama empat bulan (jika sudah menyelesaikan pelatihan), dan insentif survei kebekerjaan Rp 150.000. 

Bantuan itu akan diterima peserta bertahap, mulai sebelum hingga pelatihan kerja selesai dilakukan. 

4. BST Rp 300.000  

Kementerian Sosial (Kemensos) RI menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp 300.000 untuk setiap penerima sejak Januari hingga April 2021. 

Tahun 2021 ini, tercatat 10 juta orang penerima BST. Cara penyalurannya, pemerintah akan mengirim secara langsung ke penerima melalui mekanisme pos. (*)



Tags: BLT UMKM Kartu Prakerja Program Kartu Prakerja subsidi listrik

Baca juga