Bawang putih

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR – Kanker payudara masuk kategori penyakit mematikan. Penyakit ini merupakan tumor ganas yang terbentuk dari sel-sel payudara yang tumbuh dan berkembang tanpa terkendali, sehingga dapat menyebar di antara jaringan atau organ di dekat payudara atau ke bagian tubuh lainnya.

Kanker payudara umumnya diderita oleh perempuan. Namun, kanker payudara sebenarnya juga dapat menyerang laki-laki.

Kabar baiknya, sejumlah penelitian mengklaim, beberapa bahan alami bermanfaat melindungi persebaran sel payudara, antara lain: 

Bawang Putih

Bawang putih mengandung alliin, alliinase, allicin, bioflavoid, cyanidin, quercetin, sulfida organik dan polisulfida sebagai antioksidan. 

Menurut penelitian, mekanisme dalam bawang putih ini dapat merangsang limfosit dan makrofag untuk membunuh sel kanker dan menganggu metabolisme sel tumor. 

Dalam Jurnal Farmasi Saudi, peneliti menemukan ekstrak bawang putih bukan hanya dapat melindungi penyebaran kanker payudara, tapi bisa melindungi penyebaran kanker perut, usus besar, paru-paru dan kandung kemih. 

Masih menurut jurnal itu, ekstrak bawang putih berperan pula dalam mengurangi komplikasi kemoterapi dan radioterapi kanker. 

Biji Rami

Biji rami yang berasal dari tanaman rami, kaya serat dan memiliki komponen aktif berupa lemak omega 3 dan lignan. 

Hasil penelitian kelompok Lilian Thompson di Universitas Toronto, Kanada, menunjukkan bahwa biji rami memiliki aktivitas antikanker yang kuat. 

Kesimpulan ini berdasarkan pada uji coba yang dilakukan kelompok peneliti Lilian Thompson pada tikus yang disuntikkan sel kanker payudara manusia dan diberikan diet makanan biji rami selama delapan minggu. 

Hasilnya menunjukkan, tingkat pertumbuhan kanker pada percobaan itu berkurang sebanyak 45 persen. 

Buah Persik

Hasil penelitian Dr. Luis Cisneros Zevallos dari Agrilife Research menyebutkan, buah persik memiliki kandungan glukosinolat, trust dan polifenol yang dapat membantu mencegah terbentuknya sel kanker payudara. 

Menurut penelitian Dr. Luis Cisneros, Polifenol dapat membantu mematikan sel kanker sambil meningkatkan sel sehat.

Sang peneliti melakukan uji coba pada tikus dengan mengimplankan sel kanker payudara di bawah kulit tikus.

Hasilnya, Dr. Luis melihat adanya penghambatan pertumbuhan sel kanker pada tikus yang diberikan ekstrak buah persik. 

Dr Luis menyarankan, untuk melihat efek ekstrak persik pada sel kanker, caranya dengan mengkonsumsi dua sampai tiga buah persik setiap hari. (*)



Tags: bawang putih biji remi buah persik kanker kanker payudara Manfaat Bawang Putih sel kanker payudara

Baca juga