Andi Sudirman Sulaiman

BARRU,THENEWSULSEL.COM - Nuansa nafas keagamaan Barru sangat terasa, ketika Hari Jadi Kabupaten Barru ke-61, digelar pagi tadi, Selasa (9/3/2021), di Lantai VI Menara Mal Pelayanan Publik Barru.

Pada kesempatan itu, Bupati Barru, Suardi Saleh menyebutkan penghargaan yang patut disematkan kepada segenap khalayak Barru yakni pengumpulan zakat.

"Daerah kita, Barru, Keempat terkecil (dari 24 Kabupaten/Kota) di Sulsel, tapi tertinggi pengumpulan zakatnya di Sulsel, zakat mal saja Rp17, 8 Miliar. Jika ditambah zakat fitrah, menjadi Rp23,4 Miliar, " urai Suardi Saleh di hadapan Plt. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Menariknya, Plt Gubernur Sulsel, yang juga menyampaikan sambutannya di Hari Istimewa Kabupaten Barru ini, menyanjung prestasi pengumpulan zakat Barru yang memang sudah dikenal secara nasional ini.

"Mengenai pengumpulan zakat Barru, tadi saya WA (beri pesan Whatsapp) Baznas Provinsi, untuk belajar dari Barru terkait hal tersebut," ucap Andi Sudirman Sulaeman.

Pelaksana Gubernur kelahiran 1983 ini, kemudian banyak mengurai riwayat dan hadis Rasulullah, sebagai bagian dalam pengambilan kebijakannya.

Seperti ketika berbicara terkait ekonomi, alumnus fakultas teknik Unhas Angkatan 2001 ini, menyebutkan cara Rasulullah berdagang, dengan pendekatan ekonomi sesuai kelas kemampuan.

Demikian pula saat memahami dan mengatasi Pandemi Covid-19, wabah yang juga pernah terjadi di Zaman Khaulafaur Rasyidin beliau angkat sebagai panduan untuk keselamatan bersama.

Pelaksanaan Hari Jadi Barru ke-61 Tahun 2021 ini, berjalan sukses, konsep acara yang dikemas sedemikian canggih meski dibatasi oleh Protokol Kesehatan Covid-19, tetap mampu mengangkat semua peristiwa, pidato, dan agenda penting, menyebar ke semua warga Barru.(*)


Baca juga