ilustrasi gempa bumi

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, sepanjang hari Senin (8/3/2021) warga merasakan gempa pada empat daerah.

Kejadian terbaru, Senin (8/3) malam pukul 19.56 WIB, BMKG mencatat gempa berkekuatan 5,5 Magnitudo dirasakan warga Bengkulu.  

Menurut BMKG, gempa bersumber dari laut, 149 kilometer barat daya Bengkulu. Kedalamannya 10 kilometer. 

BMKG menyebutkan, intensitas gempa itu terkuat pada skala III MMI, atau terasa nyata di dalam rumah, di Kota Bengkulu. Guncangannya yang lebih lemah dirasakan di Curup dan Kepahiang.

Selain di Bengkulu, tiga gempa lainnya dirasakan warga Sorong (Provinsi Papua Barat), Nabire (Provinsi Papua),  dan Wahai (Provinsi Maluku Tengah).

Mengutip tempo.com, gempa di Sorong terjadi pada pukul 16.41 WIB. Kekuatannya 4,8 Magnitudo,

Sumbernya berada di laut, 47 kilometer timur laut Sorong dan kedalaman 10 kilometer. Intensitas gempa terukur terkuat skala III MMI di Sorong.

BMKG mencatat, gempa di Nabire terjadi pukul 14.03 WIB. Kekuatannya 4,0 Magnitudo dan sumbernya berada di darat pada kedalaman 10 kilometer. Guncangannya dirasa lemah di Nabire, tepatnya skala II MMI.

Sedangkan gempa di Wahai, Maluku Tengah, terasa pada skala III MMI. Gempa dengan 4,7 Magnitudo terjadi pukul 00.13 WIB.

Bersumber di laut, 22 kilometer utara Wahai, dan kedalaman 10 kilometer. Info dan data gempa ini bersumber dari laman web BMKG. (*)



Tags: Bengkulu bmkg Magnitudo Nabire Sorong

Baca juga