ilustrasi beasiswa

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Bagi Anda yang ingin kuliah di luar negeri dengan tanggungan beasiswa, ada tawaran menarik dari pemerintah Taiwan.

Setiap tahun, pemerintah Taiwan melalui kementerian pendidikan menawarkan beasiswa kepada pelamar internasional melalui Taiwan Scholarship Program.

Beasiswa ini untuk kuliah S1, S2, atau S3 pada sejumlah perguruan tinggi di Taiwan. 

Sesuai laman Instagram @tetotec_indonesia, beberaapa program studi (prodi) yang ditawarkan antara lain Administrasi Bisnis, Biologi, Desain Industri Kreatif, Ekonomi, Energi, Informatika, Kesehatan, Lingkungan, Manajemen, dan Pariwisata. 

Cakupan Beasiswa 

Tunjangan biaya hidup NT$ 15.000 atau sekitar Rp 7,4 juta per bulan untuk pelamar beasiswa S1. 

Pelamar beasiswa S2 dan S3 akan menerima NT$ 20.000 atau sekitr Rp 9,9 juta per bulan. 

Kementerian Pendidikan Taiwan memberikan subsidi biaya kuliah dan biaya akademik lainnya maksimal NT$ 40.000 atau sekitar Rp 19,9 juta per semester. 

Pemerintah Taiwan tidak menanggung biaya dministrasi, biaya pembimbing skripsi/tesis/disertasi, premi asuransi, biaya akomodasi, biaya internet, dan biaya lainnya.

Jangka Waktu Beasiswa  

Program S1 diberikan maksimal 4 tahun. 

Program S2 jangka waktu 2 tahun dan 4 tahun 

Program S3 jangka waktu 4 tahun. 

Persyaratan Pelamar

1. Pelamar internasional, termasuk dari Indonesia.   

2. Program S1, pelamar telah menyelesaikan SMA/Sederajat, dan untuk program pascasarjana, pelamar telah menyelesaikan jenjang studi S1 atau S2. 

3. Pendaftar beasiswa wajib untuk melakukan pendaftaran secara mandiri terlebih dahulu ke universitas yang dituju di Taiwan. 

4. Pelamar tidak diperkenankan mendaftar jika mempunyai status Overseas Chinese Student atau warga negara Taiwan. 

Sudah terdaftar atau sedang belajar di universitas di Taiwan atau sudah diterima di tahun sebelumnya. Pernah belajar di Taiwan pada tingkatan yang sama. 

Dokumen/Berkas Disiapkan  

1. Formulir Pendaftaran Beasiswa Taiwan diunduh di: https://drive.google.com/file/d/1B_ML_LhhYbjQu22oqghJbsQ1mUOFoCkB/view?usp=sharing  

2. Fotocopy paspor dan Kartu Keluarga (KK). 

3. Fotocopy ijazah dan transkrip nilai pendidikan terakhir. Jika ijazah dan transkip nilai bukan dalam bahasa Mandarin atau Inggris (misalnya masih dalam bahasa Indonesia), maka harus diterjemahkan dulu ke dalam bahasa Mandarin atau Inggris dan dilegalisir pada Kantor TETO. 

4. Fotocopy atau scan bukti formulir pendaftaran universitas yang menunjukkan bahwa peserta telah mendaftar ke universitas di Taiwan 

5. Dua surat rekomendasi yang sudah ditandatangani langsung oleh pemberi rekomendasi dan tersegel rapat dalam amplop (Misalnya dari kepala sekolah, rektor, dekan, profesor atau supervisor). 

6. Fotocopy sertifikat kemampuan bahasa untuk program studi yang tidak menggunakan pengantar bahasa Inggris: Fotocopy sertifikat “Test of Chinese as a Foreign Language” (TOCFL) dengan minimal level tingkat menengah (B1). 

Anda dapat melihat jadwal ujian TOCFL Indonesia tahun 2021 di laman: https://tocfl.sc-top.org.tw/zoom/index.php.  

Cara Mendaftar

Sebelum mendaftar beasiswa ini, pastikan Anda telah mendaftar di universitas dan program studi (prodi) pada universitas yang ada di Taiwan. 

Setelah itu, Anda mengisi Formulir Online pada link: bit.ly/DaftarMOETaiwan2021 

Lengkapi berkas dokumen dan kirimkan ke Kantor TETO dengan alamat: Kantor Taipei Economic and Trade Office Gedung Artha Graha Lt. 17, Jl. Jend Sudirman kav 52-53, SCBD, Jakarta 12190.

Tuliskan di amplop depan: "Pendaftaran MoE Taiwan Scholarship"..

Pendaftaran ditutup 31 Maret 2021. Pihak TETO akan mengirimkan pengumuman beasiswa kepada yang lolos seleksi melalui email sebelum 4 Juni 2021. (*)



Tags: beasiswa beasiswa mahasiswa beasiswa SMA

Baca juga