Asnawi Mangkualam Bahar bersama CEO PT PSM Munafri Arifuddin sebelum berangkat ke Korea Selatan untuk bergabung klub Ansan Greeners

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR – Mantan bek kanan andalan PSM Makassar Asnawi Mangkualam Bahar sudah empat hari berada di Korea Selatan.

Saat ini, Asnawi Mangkualam masih menjalani isolasi mandiri sesuai prosedur klub yang merekrutnya Ansan Greeners FC dan pemerintah setempat.

Kepada media, Sabtu (6/2/2021), Asnawi Mangkualam berbagi cerita mengenai pengalamannya selama beberapa hari tiba di Korea Selatan. 

Pemain yang selama ini menjadi langganan timnas Indonesia itu menceritakan, selama empat hari harus berdiam diri di kamar dan tidak boleh keluar. 

Menurut pemain 21 tahun itu, jika sesuai aturan, maka masih harus menjalani isolasi mandiri selama 10 hari atau total dua pekan.  

Asnawi Mangkualam menambahkan, pihak klub Ansan Greeners memberikan fasilitas terbaik sejak kedatangannya hingga menjalani isolasi mandiri. 

Apa saja fasilitas itu? Asnawi Mangkualam menyebutkan, mendapat akomodasi atau penginapan yang sangat layak. 

Baca: Jadwal Liga Inggris Pekan ke-23: Liverpool vs Man City, Mohamed Salah Cs tak Diunggulkan

Fasilitas lainnya, manajemen klub menyiapkan buku-buku bacaan, termasuk kamus untuk membantunya memahami Bahasa Korea. 

Meski tersedia makanan setiap hari, Ansan Greeners juga menyiapkan peralatan masak. Tujuannya, agar Asnawi punya pilihan menu lain, jika bosan dengan makanan yang disiapkan klub. 

Ada juga beberapa fasilitas gym untuk berlatih mandiri, yang semuanya harus dilakukan di kamar.

Asnawi Mangkualam menceritakan, saat tiba di Korsel, pihak klub langsung memberikan instruksi untuk mengikuti tes Covid-19 melalui swab. 

Meski hasil tes swab negatif, sesuai peraturan klub dan pemerintah setempat, dirinya tetap wajib menjalani isolasi mandiri. 

Untuk mengisi waktu dan mengusir rasa jenuh harus berdiam diri terus di kamar, Asnawi memilih membaca buku-buku dan nonton. 

Asnawi Mangkualam bergabung dengan Ansan Greeners, klub Divisi II Liga Korea Selatan (K-League) dengan durasi kontrak satu tahun dan opsi perpanjangan.  

Selain Asnawi Mangkualam, beberapa pemain Indonesia kini berkarier di luar negeri karena kompetisi sepakbola Indonesia yang belum juga bergulir gegara pandemi Covid-19. (*)



Tags: Ansan Greeners Asnawi Mangkualam Bahar Liga Korea Selatan Pemain PSM PSM Makassar

Baca juga