Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah meninjau progres pedestrian di kawasan Titik Nol Sulawesi, Bira, Kabupaten Bulukumba, Selasa (2/2/2021).

THENEWSULSEL.COM, BULUKUMBA - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah, saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bulukumba, menyempatkan diri melihat progres pembangunan pedesterian Bira Timur Kawasan Titik Nol Sulawesi atau Stop Area Mini Bira, Selasa (2/2/2021) malam.

Nurdin Abdullah berjalan menikmati suasana malam. Penerangan cukup dari lampu jalan dan taman yang dipasang. Sembari mengecek progres penyelesaian pengerjaan yang dilakukan oleh pekerja. 

Pembangunan pedestrian sepanjang 1,1 km (kilometer). Kawasan ini menjadi destinasi wisata baru yang diperbaiki dan dirapikan di masa pmerintahan Nurdin Abdullah bersama Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, dengan bantuan anggaran dari Pemerintah Provinsi Sulsel. 

Nurdin menjelaskan, Pantai Bira dikenal hingga ke mancanegara dan semakin padat. Sehingga pemerintah melihat daerah-daerah yang bisa dikembangkan.

Bira masuk kawasan hutan lindung, sehingga pengelolaan ada di tangan pemerintah provinsi. 

"Saya kira Bira ini adalah destinasi wisata yang cukup indah. Kita bisa lihat setelah kita bangun pedesterian, infrastruktur jalan. Sekarang konsentrasi 90 persen semuanya ke sini," kata gubernur.

Adapun permintaan Nurdin Abdullah agar lampu jalan kembali ditambah, dan jarak penerangan tidak berjauhan.

Sedangkan Bupati Bulukumba, HM Sukri A Sappewali, mengatakan, pedesterian ini infrastruktur pendukung ke Titik Nol.

"Ini menuju Titik Nol. Banyak pengunjung Bira itu ke sini. Besar sekali manfaatnya," sebutnya.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel, Edy Rahmat, menjelaskan, secara keseluruhan pembangunan pedestrian ini progresnya sekira 80-90 persen. Dalam waktu kurang lebih satu bulan akan selesai.

"Dalam waktu tiga minggu atau satu bulan selesai lagi. Dianggarkan bantuan Pemprov yang dilaksanakan oleh kabupaten Rp 1,08 miliar," jelasnya.

Kadis Pariwisata Bulukumba, Muh Ali Saleng berharap pembangunan dan infrastruktur Kawasan Titik Nol ini dapat tuntas secepatnya demi memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan. 

Dengan melihat jumlah bahwa 90 persen pengunjung Bira juga akan ke Titik Nol.

"Sehingga kita mau Titik Nol dan fasilitas pendukung di dalamnya, seperti jembatan kaca dan Teras Tanjung Bira bisa kita selesaikan," harapnya. (*)



Tags: Gubernur-Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah Sukri Sappewali

Baca juga