Dewan Pembina Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) Pusat, Dr. Muh Ali Bakri, M.Pd, berkunjung ke tenda hunian sementara (huntara) AMCF untuk korban gempa di Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Selasa (26/1/2021).

THENEWSULSEL.COM, MAMUJU - Dewan Pembina Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) Pusat, Dr. Muh Ali Bakri, M.Pd, berkunjung ke tenda hunian sementara (huntara) AMCF untuk korban gempa di Kelurahan Mamunyu, Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Selasa (26/1/2021). 

Tim Tanggap Bencana AMCF Sulsel mendirikan tenda hunian sementara itu sejak 17 Januari 2021 lalu atau dua hari setelah gempa bumi melanda Mamuju dan Majene, Sulbar. 

Saat ini, tenda huntara tersebut sudah dihuni oleh 109 Kepala Keluarga (KK) dan 459 jiwa yang terdiri dari 182 pria, 259 wanita dan di antaranya terdapat 11 balita dan ibu hamil 7 orang. 

Untuk efektivitas layanan kepada warga, maka relawan AMCF mendirikan dapur umum yang menyediakan makanan dan minuman setiap hari kepada 459 warga yang menghuni huntara itu.

Selain menyediakan hunian sementara, AMCF juga mengoperasikan truk tangki air kapasitas 5.000 liter yang mengantar air bersih untuk masyarakat yang terdampak gempa di Kabupaten Mamuju.

Hingga hari ini, truk AMCF telah mengantar air bersih 55.000 liter ke berbagai dusun, desa, dan kecamatan wilayah terdampak gempa.

AMCF juga mendirikan mushollah darurat, pembangunan MCK, membagikan 200 paket sembako, masker 1.000, 100 terpal, 100 selimut, 100 tikar, serta memberikan layanan kesehatan, perpustakaan baca untuk anak, dan kegiatan trauma healing.

Dewan Pembina Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) Pusat, Dr. Muh Ali Bakri, M.Pd, berkunjung ke tenda hunian sementara (huntara) AMCF untuk korban gempa di Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Selasa (26/1/2021).

Pada kegiatan kemanusiaan AMCF di Sulbar ini,  menerjunkan 11 personel tim kapal kemanusiaan dan 5 relawan mahasiswa mahad Al-Birr Unismuh Makassar. 

Dalam menangani tanggap darurat bencana di Mamuju, AMCF bersinergi dengan berbagai pihak, khususnya BNPB dan NGO seperti MDMC. 

Dewan pembina AMCF mengajak semua pihak untuk saling berkaborasi dalam meringankan beban pemerintah dalam penanganan bencana di Sulbar. (*)



Tags: AMCF AMCF di Sulbar Asia Muslim Charity Foundation Gempa Mamuju Gempa Sulbar tenda huntara AMCF

Baca juga