Pemain PSM Makassar Asnawi Mangkualam Bahar

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR – Bek kanan PSM Makassar, Asnawi Mangkualam Bahar menambah deretan pemain muda Indonesia yang berkarier di luar negeri. 

Asnawi yang langganan timnas junior resmi direkrut oleh klub divisi kedua Liga Korea Selatan (K-League), Ansan Greeners.    

Bergabungnya Asnawi yang merupakan binaan PSM sejak junior, disampaikan langsung petinggi klub Ansan Greeners, Joo Chan-yong seperti dilansir KBS Sport. 

Menurut Joo Chan-yong, Asnawi resmi menjadi pemain Ansan Greeners pada 19 Januari 2021 dengan durasi kontrak satu tahun.  

Selain itu, terdapat klausul perpanjangan kontrak selama setahun berikutnya.

Musim lalu, Ansan Greeners menempati perinfkat ke-7 dari 10 klub peserta kompetisi Divisi 2 K-League atau K-League 2.

Baca: Hasil dan Klasemen Liga Spanyol: Suarez Menangkan Atletico Madrid, Makin Jauh dari Barcelona

Asnawi diuntungkan oleh aturan baru K-League yang membolehkan klub merekrut satu pemain dari Asia Tenggara (Asteng). 

Setiap klub maksimal hanya boleh memiliki empat pemain asing. 

Menurut KBS Sport, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong ikut merekomendasikan nama Asnawi ke klub tersebut. 

Direktur klub Kim Gil-sik memberi penawaran kontrak kepada Asnawi, setelah mendapat masukan langsung dari Shin Tae-yong mengenai kemampuan Asnawi. 

Shin Tae-yon berharap, kesempatan berkarier di Korea Selatan dapat meningkatkan daya saing dan kemampuan Asnawi sebagai pemain, sehingga pada akhirnya memberi manfaat bagi timnas Indonesia.

Pertimbangan lain, Ansan Greeners juga dikabarkan memiliki misi tersendiri dalam merekrut Asnawi, yakni sebagai duta klub kepada masyarakat setempat di Kota Ansan.

Alasannya, wilayah Ansan banyak dihuni warga pendatang dari berbagai latar belakang, termasuk pekerja migran asal Indonesia. 

Walikota Ansan, Yoon Hwa-seop, berharap kehadiran Asnawi bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Indonesia yang tinggal di wilayahnya. 

"Jika mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya bersama tim kami, bisa jadi ia juga menjadi kebanggaan seluruh warga Ansan," jelas Hwa-seop. 

Pemerintah Kota Ansan menjadi pemilik utama klub Ansan Greeners. Klub ini pertama kali ikut berkompetisi di ajang sepakbola profesional Korea Selatan pada musim 2017 lalu. (*)



Tags: Ansan Greeners Asnawi Mangkualam Bahar Pemain PSM

Baca juga