ilustrasi beasiswa

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA - Kementerian Agama  (Kemenag) membuka Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) tahun pelajaran 2021/2022. 

Bagi lulusan MTs/SMP negeri dan swasta, ada tiga pilihan MAN untuk melanjutkan sekolah dan mendapatkan beasiswa dari Kemenag RI. 

Tiga MAN favorit itu adalah MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan (MAN-PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN). 

Menariknya, bagi Anda yang lolos seleksi pada program MAN-PK ini, akan menerima beasiswa penuh. 

Informasi itu dikemukakan Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag, Ahmad Umar.  

"Siswa baru MAN-PK akan mendapat beasiswa sampai lulus, sehingga orangtua tidak lagi memikirkan biaya hidup di asrama," jelas Ahmad Umar seperti dilansir  laman Kemenag RI, Selasa (5/1/2021). 

Menurut Umar, MAN-PK merupakan program peminatan unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama yang menjadi bagian dari MAN Reguler yang sudah ada.

Waktu dan Cara Pendaftaran

Kemenag RI membuka dua jalur pendaftaran yakni jalur tes dan jalur prestasi. Pendaftaran melalui online.

Pendaftaran jalur tes mulai 11 Januari hingga 11 Februari 2021. Pendaftaran jalur prestasi berlangsung 11 Januari hingga 6 Februari 2021.

Peserta akan mengikuti tes umum, akademik dan potensi akademik.

Ada juga tes wawancara, baca kitab kuning, serta tes lisan Bahasa Arab dan Inggris. 

Setiap calon peserta hanya dapat memilih satu pilihan MAN-PK.

Jalur prestasi merupakan seleksi melalui jalur non tes dengan kuota paling banyak 20 persen bagi siswa lulusan MTs/SMP yang memiliki prestasi di bidang keagamaan. 

Sedangkan jalur tes merupakan penerimaan melalui jalur tes untuk pelajar atau santri lulusan MTs/SMP negeri dan swasta. (*)



Tags: beasiswa

Baca juga