ilustrasi vaksin corona

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengumumkan bahwa pemerintah akan menggratiskan vaksin Covid-19 bagi semua warga. 

Rencananya, pelaksanaan vaksinasi dimulai pada Januari 2021. Sebelumnya, pemerintah sudah mendatangkan jutaan dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac, China, pada awal Desember lalu. 

Lalu, bagaimana cara warga mendapatkan vaksin Covid-19 tersebut?  

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, distribusi vaksin akan dilakukan melalui Biofarma ke dinas kesehatan (dinkes) provinsi, kabupaten dan kota. 

Tahapan berikutnya, vaksin akan didistribusikan ke fasilitas pelayanan kesehatan (faskes), baik puskesmas maupun rumah sakit. 

Baca: Penerimaan CPNS 2021 Segera Dibuka, Ini Formasi yang Dibutuhkan

Warga calon penerima vaksin akan mendapatkan pesan singkat atau SMS blast yang berisi notifikasi. 

Warga calon penerima vaksin lalu mendaftarkan dirinya melalui aplikasi. 

Nadia kepada media, Minggu (27/12/2020), menjelaskan, warga calon penerima vaksin akan mendapatkan SMS notifikasi dan mendaftar melalui aplikasi “satu data vaksin covid-19.”  

Dalam aplikasi itu tercantum keterangan mengenai kapan dan dimana Anda akan mendapatkan suntikan vaksin. 

Dalam aplikasi itu juga terdapat skrining awal mengenai ada tidaknya penyakit penyerta calon penerima vaksin.

Rencananya, Indonesia menggunakan enam jenis vaksin Covid-19, yakni Sinovac, buatan PT Bio Farma (Persero), AstraZeneca, China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm), Moderna, dan Pfizer Inc and BioNTech. (*)



Tags: vaksin Covid-19 gratis Vaksin Sinovac

Baca juga